Pemkab Batang Dan Polres Batang Meluncurkan Program Samsat Paten

November 25, 2017
Pekalongan News
Pemerintah Daerah, Polres Batang dan Kecamatan Limpung sebagai penyedia tempat meluncurkan program layanan elektronik Samsat Paten (e- Samsat Paten) bertempat di kantor Kecamatan Limpung,
Batang - Guna mendekatkan pelayanan publik hingga kepelosok Wilayah Kabupaten Batang, samsat Batang bekerja sama dengan BPPD Jawa Tengah, Pemerintah Daerah, Polres Batang dan Kecamatan Limpung sebagai penyedia tempat meluncurkan program layanan elektronik Samsat Paten (e- Samsat Paten) bertempat di kantor Kecamatan Limpung, Jumat (24/11/17)

Dalam acara Grand Launching Samsat Paten limpung dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji, Wakil Bupati Suyono, Ketua BPPD Jawa Tengah Ikhwan Sudrajat, Dandim 0736 Batang Fajar Ali Nugraha, Kapolres Batang Polda Jateng Edi S Sinulingga, Muspika Kecamatan Limpung, Forkopimda, dan Kades Se Kecamatan Limpung.

Bupati Wihaji menuturkan, Samsat Paten yang ada di limpung ini dihadirkan untuk lebih mendekatkan para wajib pajak yang berada di Wilayah Batang Timur dalam hal ini mencakup beberapa kecamatan antara lain : Subah, Limpung,Tersono, Banyuputih, Bawang, Blado, serta Gringsing.
"Dengan demikian, warga yang berada di Wilayah Batang Timur merasa lebih dekat dan lebih mudah untuk dijangkau, hal ini juga bagian inovasi dari samsat untuk layanan jemput bola," kata Bupati.
Menurutnya, kehadiran Samsat Paten di Limpung dirasa sangat dinantikan oleh warga, yang biasanya warga harus menunggu hari senin dan selasa untuk membayarkan pajak mereka dengan menunggu kedatangan mobil samsat online.

Kini warga sudah bisa membayar pajak tanpa harus mengantri lama dan menempuh perjalanan jauh ke kota. Rencana kedepan Samsat Paten akan ditambah di dua titik segitiga emas Batang yaitu Wilayah Kecamatan Bandar dan Bawang.
“Pelayanan yang mudah, transparan, akuntabel, dan cepat akan meingkatkan kesadaran warga dalam pembayaran wajib pajak kendaraan, hal ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," tambahnya dalam launching Samsat Paten.
Sementara itu, Kepala BPPD Jawa Tengah Ikhwan Sudrajat mengatakan, terbentuknya Samsat Paten dilimpung ini berkat apresiasi dari Camat limpung yang melihat antusiasme warganya dalam ketaatan membayar pajak kendaraan. Limpung juga dinilai sebagai jalur potensial karena limpung merupakan titik pertemuan dari beberapa kecamatan sehingga tepat jika samsat paten berada di limpung.

Ia menjelaskan, Kabupaten Batang secara makro sudah memenuhi targed dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, hal ini dapat dilihat dari prosentase Batang sebesar 91,29 % dari rata rata Jawa Tengah sebesar 91,31%. Sedangkan untuk pendapatan dari pergantian nomer pertahun Batang telah mencapai 56 Miliyard dari total kendaraan yang ada di wilayah batang mencapai 15 juta 700 ribu unit.
“Tunggakan kendaraan yang belum terbayarkan sampai dengan akhir bulan november sebesar 28.310 unit untuk kendaraan roda dua dan 1.982 unti untuk roda empat, masih ada waktu 2 bulan untuk mendongkrak perolehan pajak. Tergambar dari angka ini Kabupaten Batang akan mendapatkan surplus bagi hasil yang positif di tahun 2018 nanti," jelas ikhwan.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts