Unik, Bimtek Kepemimpinan 100 Pejabat Eselon Digelar Di Dusun Sigemplong Bawang

October 23, 2017


Bimbingan Teknis (Bimtek) kepemimpinan bagi 100 pejabat eselon II dan III di Kabupaten Batang digelar di alam terbuka tepatnya di lapangan Dusun Sigemplong, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang
Kabupaten Batang 
Unik dan berbeda pada umumnya Bimbingan Teknis (Bimtek) kepemimpinan bagi 100 pejabat eselon II dan III di Kabupaten Batang digelar di alam terbuka tepatnya di lapangan Dusun Sigemplong, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

Acara tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 20 -23 Oktober yang dimulai pada hari Jum'at malam di daerah ketinggian diatas 2000 mdpl yang merupakan desa terjauh di wilayah selatan Batang.

Menurut Bupati Batang, Wihaji, Biasanya Bimtek digelar di Hotel dengan fasilitas bintang empat, namun Bimtek kali ini dilaksanakan di lapangan terbuka dan lokasinya cukup terpencil atau tiga jam jarak tempuh dari Ibukota Kabupaten serta berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Banjarnegara.

Ia juga menyampaikan adapun peserta Bimtek menginap di rumah penduduk Dukuh Sigemplong Desa Pranten Bawang.

Dia menjelaskan, Bimtek yang dilaksanakan di luar ruangan tersebut merupakan yang pertama kali digelar dan sebelumnya belum pernah dilakukan oleh Kabupaten Kota manapun.

Menurutnya, kegiatan Bimtek di lokasi terpencil sengaja ia sinkronkan dengan salah satu program kerjanya, yaitu mengangkat potensi wisata yang masih asli atau belum tersentuh infrastruktur yang memadai.

Selain itu, Bimtek kepemimpinan bagi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sekretaris, Kepala Bidang dan Camat sengaja digelar di alam terbuka untuk mengajak OPD menjadi tim work yang kuat agar secara bersama memajukan pembangunan pariwisata di Batang.

"Mereka ini kami ajak untuk melihat sekaligus merasakan langsung suasana daerah terpencil karena ternyata selama ini masih banyak diantara mereka belum tahu dan mengenal tempat ini, " ujar Bupati yang dalam kesempatan tersebut turut menyerahkan bantuan rehab dua mushola setempat sebesar masing-masing Rp 5 juta.
Disebutkan Bupati, Kecamatan Bawang terutama di daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara banyak memiliki objek wisata yang sangat bagus dan perlu dibenahi menjadi lebih baik lagi seperti Curug Cirawe, Curug air hangat, pemandian alam air panas dan masih banyak lagi.
"Kita akan tingkatkan dan tambahi fasilitasnya menggunakan dana CSR dengan melibatkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta masyarakat sebagai pengelola, " paparnya.
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang, Alimudin, menyampaikan, Bintek Kepemimpinan diikuti oleh 100 OPD mampu menghemat anggaran dibanding harus menggunakan fasilitas Hotel yang jauh lebih mahal.
"Dengan anggaran yang sama kami bisa menjaring lebih banyak peserta dibanding dengan di Hotel namun dengan peserta jauh lebih sedikit," jelasnya.
Adapun pengisi bimtek kepemimpinan ini disampaikan oleh BKN Kantor Regional I Jogjakarta Samir Gunawan sedangkan untuk materi out bound dipandu oleh Bica Equal Jakarta.

Hadir dalam acara pembukaan Bintek, Wakil Bupati Batang, Sekda Batang, Ketua DPRD Batang, Kepala Pengadilan Negeri Batang, perwakilan Kejaksaan Negeri Batang, Wakapolres Batang Polda Jawa Tengah Kompol Hendri Yulianto dan sejumlah pejabat forkominda lainya.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts