Babinsa Kodim Batang Dipersenjatai Dengan Rotan, Roter Dan Roma

September 09, 2017
Sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 05/Reban dibekali tiga kemampuan dasar untuk membantu masyarakat dalam mengatasi persoalan seperti pertanian dan peternakan yang menjadi mata pencaharian warga desa binaan sehari-hari. Tiga kemampuan tersebut meliputi keahlian meracik Ramuan Organik untuk Tanaman (Rotan), Ramuan Organik untuk Hama (Roma) dan Ramuan Organik untuk Ternak (Roter).

Menurut Pasiterdim 0736/Batang Kapten Supirno yang menjadi instruktur bagi para Babinsa, pembekalan dengan materi tiga keahlian dasar tersebut merupakan bagian dari upaya strategi pengenalan kewilayahan yang nantinya akan banyak berguna bagi para Babinsa yang lebih banyak bersosialisasi dengan masyarakat khususnya para petani.
"Kalau kemampuan tersebut bisa dimiliki oleh para Babinsa, maka harapanya mereka akan menularkan atau memberikan pemahaman kepada para petani terkait pemanfaatan ramuan yang diolah dari tanaman yang disediakan oleh alam untuk mengatasi persoalan pertanian maupun peternakan yang dihadapi oleh masyarakat petani," paparnya.
Lebih lanjut Supirno juga mengemukakan, ditengah mahalnya kebutuhan 
yang diperuntukan bagi pertanian maupun peternakan, tentu kemampuan para Babinsa yang sudah dibekali dengan keahlian meracik ramuan organik dengan memanfaatkan apa yang ada di alam tentunya akan dapat membantu mengurangi beban para petani.

Dijelaskan, kemampuan meracik ramuan organik yang berasal dari tanaman di sekitar harapanya bisa dimanfaatkan para petani untuk mendapatkan obat organik pembasmi hama tanaman maupun ramuan obat untuk ternak dengan cara yang lebih murah.
"Ini untuk mensiasati mahalnya obat non organik atau kimia yang dibutuhkan para petani dalam merawat tanaman padi dan hasil kebun lainya serta membantu membasmi penyakit hewan ternak yang dipelihara," tandasnya.
Sementara itu Serma Zaenal Abidin yang menjadi salah satu Babinsa di Koramil 05/Reban mengatakan, pembekalan kemampuan bagi para Babinsa akan meningkatkan keahlian yang menjadi salah satu cara untuk mengefektifkan komunikasi sosial para Babin di tengah masyarakat.
"Harapanya tentu akan semakin mendekatkan hubungan para Babin dengan masyarakat sehingga fungsi cegah tangkal kemungkinan terjadinya persoalan akan lebih cepat terdeteksi," pungkasnya.

Share this

Related Posts