0 Comment
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Pekalongan, M Hilal menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Kota Pekalongan, Kodim 0710/Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, BNN Batang dan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pekalongan.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dihelat usai Apel Akbar di Lapangan Lapas Kelas IIA Pekalongan dan merupakan Apel Akbar serentak se Indonesia yang digelar oleh Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham).

Hilal mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman bersama tersebut dimaksudkan untuk menunjukan komitmen Kemenkumham dalam memerangi penyalahgunaan kewenangan oleh oknum petugas lembaga pemasayarakatan maupun di UPTD serta memerangi juga peredaran narkoba di dalam Lapas termasuk peralatan komunikasi dan praktik pungutan liar, baik yang ditujukan kepada warga binaan maupun keluarganya.
"Kita sudah lakukan berbagai upaya untuk menekan bahkan menghilangkan tiga hal tersebut dan memang diperlukan kerjasama dengan pihak penegak hukum lain melalui MoU," ucap Hilal, Jum'at (31/3/17).
Hilal menambahkan, pihaknya sudah memberikan berbagai penghargaan bagi yang berjasa hingga pemberian sanksi bahkan pemecatan bila terbukti namun agaknya memang belum bisa optimal menekan peredaran narkoba di dalam Lapas.

Dan Apel Akbar ini, kata Hilal, juga dimaksudkan untuk mengingatkan jati diri para petugas Lapas sebagai pengayom bagi warga binaan sekaligus memberikan pelayanan dengan hati tanpa pamrih kepada warga binaan.
"Kita berkomitmen untuk menghindarkan peredaran gelap narkoba, menghindarkan pungutan liar atau pungli dan menunjukan jati diri petugas Lapas itu sendiri," ujar Hilal.
Dijelaskan oleh Hilal, pelaksanaan Apel Akbar sesuai dengan intruksi Menteri Hukum dan Ham bahwa apel serentak dilakukan oleh masing-masing Kantor Wilayah dan UPTD melalui koordinator wilayahnya.
"Kita gelar di Lapas Kelas IIA diikuti oleh Lapas Tegal, Lapas Brebes, Rutan Batang, Rutan Pekalongan, Rutan Pemalang, Rutan Slawi, Kantor Imigrasi Pemalang, Kantor Rupbasan Pekalongan dan Bapas Pekalongan," terang Hilal.

Post a Comment Blogger

 
Top