0 Comment
Terancam Longsor, Tujuh KK Warga Dukuh Pringamba Segera Direlokasi
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meninjau lokasi longsor di Dukuh Pringamba, Desa Klesem, Kecamatan Kandangserang
Kabupaten Pekalongan
Sedikitnya tujuh rumah di Dukuh Pringamba, Desa Klesem, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan akan segera direlokasi ke tempat yang lebih aman. Ketujuh rumah milik warga dukuh tersebut sudah tidak memungkinkan lagi ditempati karena terletak ditebing jalur guguran longsor.
Bencana longsor yang terjadi di Dukuh Pringamba beberapa waktu lalu tidak saja mengancam 535 jiwa penduduk setempat namu juga memutus akses jalan menuju pusat pemerintahan desa dan pusat pemerintahan kecamatan. 
Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi berjanji dalam waktu seminggu ini akan membuat jalan baru untuk membuka akses bagi 535 warga pedukuhan yang terisolir.
"Kita akan buka akses jalan baru sepanjang tiga kilometer bekerjasama dengan TNI dan masyarakat setempat untuk mengatasi isolasi penduduk dari dunia luar," ungkap Asip saat meninjau langsung lokasi longsor di Dukuh Pringamba, Rabu (1/2/17).
Jalan baru nanti, kata Asip, akan membatu warga untuk bisa pergi ke pusat pemerintahan desa dan anak-anak sekolahpun tak terlalu susah untuk pergi ke sekolah karena tidak akan terlalu jauh.

Dia juga meminta kepada warga untuk waspada, sebab lokasi pedukuhan berada dalam zona arsiran merah. Selain itu sambil menunggu mitigasi bencana dari BPBD pihaknya juga akan mengajak bicara warga terkait lokasi relokasi yang diminta.

Namun dari beberapa masukan yang ia terima, lanjut Asip, warga meminta direlokasi dengan lokasi tak jauh dari lokasi sebelumnya.
"Secara kultur mereka tidak bisa jauh dari lokasi tempat tinggal yang lama," ucap Asip.

Post a Comment Blogger

 
Top