0 Comment
Pekalongan News
Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi meninjau instalasi bak pelepas tekan SPAM Regional Petanglong di Desa Batursari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan
Kabupaten Pekalongan
Program Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang didukung Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Propinsi Jawa Tengah bersama Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan untuk peningkatan pemenuhan kebutuhan air munum bagi tiga wilayah tersebut, Selasa (31/1/17) siang ditinjau langsung oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi.
Bupati mengecek langsung kesiapan instalasi bak pelepas tekan dari SPAM Petanglong yang berlokasi di Desa Batursari, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan yang rencananya akan dioperasikan tahun 2018.
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan, SPAM Regional Petanglong merupakan program yang sudah ia tandatangani bersama sejak tahun 2011 utamanya adalah untuk memberikan pelayanan terhadap kebutuhan air minum di Kota Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan.
Baca juga :

Terancam Longsor, Tujuh KK Warga Dukuh Pringamba Segera Direlokasi

"Saya berharap program SPAM Regional Petanglong ini cepat selesai sehingga langsung bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat," ucapnya.
 Menurut Asip, program SPAM regional Petanglong juga direncanakan agar bisa menjangkau kawasan rob untuk memantu masyarakat yang terdampak dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.
"Ini merupakan program yang sangat bagus dan saya ingin bisa bertarif rendah agar bisa terjangkau," ujarnya. 
 Satuan Kerja (satker) Propinsi Jateng, Arif Nurjiyanto menjelaskan, SPAM Regional Petanglong merupakan proyek berkapasitas 850 L per detik untuk wilayah Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan yang memiliki kemampuan menyalurkan air minum bagi 68 ribu sambungan rumah (SR) atau setara 340 ribu jiwa dengan rincian, Kabupaten Pekalongan 200 liter perdetik atau mampu melayani sambungan rumah 16.000 unit, Kabupaten Batang 250 liter perdetik atau 20.000 sambungan rumah dan Kota Pekalongan 400 liter perdetik atau setara 32.000 sambungan rumah.
"Total kebutuhan biaya untuk pembangunan SPAM Regional Petanglong mencapai Rp 762 miliar," ungkap Arif.

Post a Comment Blogger

 
Top