0 Comment
Replikasi Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLBK) di empat Kelurahan dibiayai oleh APBD 2014 selama dua tahun, senilai masing-masing Rp 1 miliar per Kelurahan, Jum'at (27/1/17) dilaunching Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) di Kelurahan Tirto.

Kepala Bapermas Kota Pekalongan, Jati Waluyo mengatakan, replikasi PLBK sengaja diberikan kepada BKM terbaik di empat Kecamatan yang ada di Kota Pekalongan.
"Sebelumnya kami kompetisikan kemudian kita evaluasi mana proposal yang layak untuk ditangani di lingkungan mereka. Yang paling layak kami biayai," ucapnya.
Jati Waluyo menginginkan, adanya penataan lingkungan pemukiman yang melibatkan masyarakat secara langsung mampu merubah yang tadinya kumuh bisa lebih baik sehingga bermanfaat bagi lingkungan masyarakat setempat.

Jati mencontohkan, di Kelurahan Tirto ini semula tempat ini sebagai penampungan sampah liar warga, namun sekarang kondisinya berbalik jadi bersih, nyaman dan bisa dimanfaatkan anak-anak untuk lahan bermain.
"Juga lahan kosong yang tadinya selalu tergenang air rob, setelah dibenahi sekarang menjadi tempat yang cukup luas untuk warga menggelar hajatan," terang Jati.
Sementara itu, walikota Pekalongan, Alf Arslan Djunaid yang hadir di lokasi menghimbau agar masyarakat mampu merawat dengan baik PLBK yang sudah diberikan.
"Pemerintah membangun proyek PLBK untuk kepentingan masyarakat sendiri, karena ini melibatkan masyarakat tentunya masyarakat jugalah secara bersama menjaga dan merawat selain memanfaatkannya," ujar Walikota.

Post a Comment Blogger

 
Top