1 Comment
Pekalongan news
Ketua Yayasan Klenteng Po An Thian Kota Pekalongan, Heru Wibawanto Nugroho 
Kota Pekalongan
Menjelang puncak peringatan Tahun Baru Imlek 2568 yang jatuh pada tanggal 28 Febuari nanti, Yayasan Klenteng Po An Thian, Kota Pekalongan, Senin (15/1/17) menggelar upacara ritual Cie Swak atau tolak bala.
Ritual Cie Swak sendiri digelar sehari penuh diikuti ratusan umat Khonghucu dari Kota Pekalongan dan sekitarnya yang mengharapakan tahun ini ada perubahan baik rejeki, kelancaran usaha maupun kesembuhan dari penyakit yang diderita.

Ketua Yayasan Klenteng Po An Thian, Heru Wibawanto Nugroho mengatakan, untuk ritual Cie Swak tahun ini pihak Yayasan Klenteng Po An Thian dibantu oleh Lothang dari Klenteng Tay Seng Bio asal Kota Manado.
"Lothang ini yang akan menjadi media merasuknya roh dewa-dewa yang akan membantu pengobatan maupun ritual tolak bala," ungkap Heru.
Heru menjelaskan, di kami ada kepercayaan, empat hari sebelum perayaan Tahun Baru Imlek, para dewa akan naik ke nirwana untuk melapor kepada Tuhan membawa pesan umat manusia terutama umat manusia di Indonesia agar diberi keamananan, ketentraman dan dijauhkan dari bencana alam dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk pengobatan dan kelancaran rejeki yang dimintakan umat kepada dewa-dewa melalui ritual yang di lakukan oleh Lothang, diawali oleh pembacaan doa-doa kemudian dalam beberapa prosesi, Lothang akan dirasuki oleh dewa dan akan menuliskan permintaan umat kepada sebuah kertas berwarna kuning kemudian akan disusul oleh ritual doa persembahan berupa sekeranjang telur ayam berjumlah enam, buah tiga jenis, seikat hio, lilin merah, beberapa bungkus teh kering dan lain sebagainya.
Selain itu, Heru juga menginformasikan kalau prosesi ritual Cie Swak sendiri biasanya berlangsung 10 hari jelang Imlek yang selanjutnya akan disusul oleh perayaan Cap Go Meh pada tanggal 10 Febuari nanti. 
"Kita merencanakan akan ada kirab berkeliling kota. Namun sebelumnya pada tanggal 31 Januari ada pagelaran wayang potehi," ujar Heru.

Post a Comment Blogger

 
Top