0 Comment
Sebanyak 2098 pedagang Pasar Batang  yang masuk database Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Batang akan segera menempati bangunan baru Pasar Batang yang direncanakan rampung pertengahan Desember.
Kepastian pindahnya para pedagang dari lolasi Pasar darurat ke tempat yang baru nanti terungkap dalam kegiatan Sosialisasi Perkembangan Pasar Batang yang digelar di Halaman Gedung Pramuka Kabupaten Batang, Selasa (6/12/16).
"Yang jelas setelah tanggal 13 Desember nanti akan ada proses penyerahan kepada para pedagang dan mungkin Pak Bupati sendiri nanti yang akan melounching," ungkap Kepala Disperindagkop Kabupaten Batang, Ismanto.
Pembangunan fisik Pasar Batang, kata Ismanto, akan selesai pada tanggal 13 Desember. Akan tetapi penempatannya masih tetap menunggu bangunan lapak atau kios selesai.
Kendati bangunan fisik Pasar yang baru sesuai rencana sudah jadi pun masih harus menunggu selama 45 hari. Sebab bila selama masa tunggu itu tidak ada sanggahan atau lancar maka bisa langsung ditempati. Namun bila nantinya ada sanggahan maka hal tersebut akan mengakibatkan jadwal penempatan menjadi mundur.
Ismanto menjelaskan, bangunan Pasar Batang yang baru hampir 100 persen rampung menghabiskan anggaran hingga Rp 63 miliar. Sedangkan untuk interior menghabiskan anggaran sebanyak Rp 6 miliar.
"Dan untuk penempatan dan sebagainya pedagang sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis, kecuali retribusi," ujar Ismanto.
Biasaya pembangunan pasar yang bekerjasama dengan investor, lanjut Ismanto, sedikit banyak pasti membayar. Namun khusus untuk Kabupaten Batang kita gratiskan.
"Dari kita paradigmanya pemerintah menarik retribusinya sebagaimana pedagang berjualan dengan baik dan benar serta nyaman agar konsumen senang berbelanja disana," tuntasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top