0 Comment
Terapkan Aplikasi E-SAKIP Kota Pekalongan Kejar Lakip Tipe A
Pemerintah Kota Pekalongan akan menerapkan aplikasi Elektronik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (E-SAKIP)
Kota Pekalongan
Pemerintah Kota Pekalongan akan menerapkan aplikasi Elektronik Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (E-SAKIP) untuk mengukur dan meningkatkan kualitas pelaporan kinerja instansi pemerintah. 

Kegiatan tersebut terangkum dalam Gelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis yang digelar di Ruang Jatayu, Komplek Kantor Setda Kota Pekalongan,Senin (17/10/16) dengan narasumber Kepala Inspektorat Kota Bandung, Erly Nufianti.

Tujuan penerapan aplikas E-SAKIP menurut Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda Kota Pekalongan, Sochip Rochmat, adalah untuk memberikan informasi kinerja yang dapat diukur agar dalam perbaikan yang dilakukan dapat meningkatkan kinerja seperti yang seharusnya dicapai.
"Termasuk juga perbaikan yang nantinya akan terus berkesinambungan sehingga kinerja yang dilakukan menjadi fokus yang efeknya nanti akan lebih maksimal," ucapnya.
Dalam pemaparanya, Erly Nufianti mengatakan, dari yang sudah diukur, nilai lakip untuk Kota Pekalongan pada tahun 2015 ada dikisaran 45 yang artinya berada pada katagori C atau tipe C.

Nilai tahun lalu tersebut, sambung Erly, masih perlu banyak perbaikan dan pembenahan. salahsatunya masih tidak sinkronya antara variabel yang satu dengan variabel yang lainya.

Untuk itu, kata Erly, mulai tahun ini seharusnya Inspektorat melaksanakan review lakip mulai dari perencanaan strategis, pengukuran kinerja yang akurat, pelaporan kenerja yang kompatibel dan evaluasi pemanfaatan informasi kinerja agar sesuai dengan peraturan undang-undang dari Kemenpan yang nantinya akan dapat menaikan nilai lakip.
"Secepatnya, dimulai tahun ini harus lebih fokus dalam penyusunan lakip agar tahun depan nilainya bisa meningkat," ujarnya.
Kota Bandung memiliki nilai lakip masuk karagori A atau tipe A sehingga menjadi rujukan bagi beberpa kota termasuk Kota Pekalongan. Dengan adanya penerapan aplikasi E-SAKIP menurut Erly bisa mengatrol peringkat maupun nilai lakip sehingga bisa masuk kataori A atau tipe C.

Post a Comment Blogger

 
Top