0 Comment
Pekalongan News
Anggota TNI dikerahkan untuk meratakan jalan yangtelah diurug dan ditinggikan di Dukuh Salam Manis, Kelurahan Kandang Panjang, Kota Pekalongan
Kota Pekalongan
Dukuh Salam Manis Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan menjadi daerah sasaran TMMD Sengkuyung II di wilayah Kodim 0710/Pekalongan. 

Beberapa kegiatan fisik dan non fisik dilakukan untuk mengurangi beberapa persoalan dari dampak yang ditimbulkan oleh bencana rob dikawasan tersebut.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Riza Anom Putranto menyampaikan, fokus pengerjaan fisik yang dilakukan untuk mengurangi dampak bencana rob berupa peninggian jalan dilanjutkan pengaspalan jalan sepanjang 162 meter dengan lebar 4 meter dan tinggi 40 cm.
"Sedangkan pengerjaan non fisik yang berkaitan dengan dampak rob ada 12 jenis yang dikerjakan," terang Dandim saat mengecek di lokasi, Kamis (6/10/16).
Ketua Rw setempat, Sumarmo mengaku bersyukur proyek peninggian jalan yang dikerjakan oleh TNI turut membantu meringankan beban warganya. Sebab kalau harus dikerjakan secara mandiri tentu akan semakin berat beban yang akan ditanggung warga.

Selama ini menurut sumarmo, hampir seluruh Salam Manis daratannya tergenang rob. Warga kemana-mana susah untuk melakukan aktivitas, meski ada program penanganan rob dari pemerintah namun di wilayah Rw 10 yang dipimpinya belum terjamah.
"Jadi kami sangat bersyukur, penangananya lebih cepat. Kami sangat berterima kasih kepada TNI," ucapnya.
Diketahui, kawasan utara Kota Pekalongan sebagian wilayahnya terlanda bencana rob. Beberapa kawasan terlanda dengan katagori sangat parah. Satu-satunya cara untuk menanggulangi hanya dengan relokasi. 

Untuk beberapa kawasan lain yang tergolong sedang biasanya upaya penangananya dengan cara menguruk atau meninggikan. Sedangkan yang tergolong ringan dilakukan manjemen normalisasi saluran air dan pengurasan air melalui pompa-pompa besar yang disiapkan.

Post a Comment Blogger

 
Top