3 Comment
Seru, Inilah Cara Penghuni RPSBM Meriahkan HUT RI Ke-71
Penghuni RPSBM Kota Pekalongan antusias mengikuti lomba untuk memeriahkan HUT RI ke-71 
Kota Pekalongan
Puluhan klien Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat (RPSBM) Kota Pekalongan mengikuti berbagai macam lomba yang diselenggarakan oleh petugas dan pengelola RPSBM untuk memeriahkan HUT RI yang ke-71 pada, Sabtu siang (20/8/16).

Para peserta penghuni RPSPBM yang didominasi oleh penderita psikotik, gelandangan dan lainya dengan semangat mengikuti semua kegiatan lomba.

Bagian pelayanan RPSBM, Zaenudin menyampaikan, ada 24 orang peserta dari 52 orang klien atau penghuni RPSBM yang mengikuti lomba dan ada 7 jenis yang dilombakan.
"Tadi diawali dengan lomba Balap Karung, Joget Bola, Kelereng, Memasukan Pensil Ke dalam Botol, Makan Kerupuk, Pukul Kantong Air dan Gigit Koin," terang Zaenudin.
Kegiatan lomba untuk memperingati HUT RI sudah dilakukan rutin tiap tahun, selain untuk menumbuhkan kepedulian dan mengukur perkembangan mental mereka, juga meningkatkan kualitas mereka dalam berinteraksi antar sesama penghuni dan petugas.

Kendati demikian, kata Zaenudin, pihaknya melakukan seleksi pemilihan klien untuk kegiatan tersebut. Karena tidak semua bisa mengikuti. Hanya yang sudah bisa diajak komunikasi dan bersosial.
"Ini juga sebagai ajang latihan sebelum mereka pulang ke kampung halaman dan kembali ke masyarakat," jelasnya.
Hal senada juga disampaikan Fadholi, Sekretaris RPSBM yang mengatakan kegiatan lomba memperingati HUT RI ke-71 sebagai terapi agar mereka bisa fokus pada perlombaan, bisa mengikuti lomba dengan baik dan mampu memahami kegiatan lomba.
"Ini juga untuk refresing bagi mereka, karena sebenarnya kami ingin melakukan lebih tapi ya sekali lagi kondisi mereka berbeda dengan kita," tuturnya.

Post a Comment Blogger

 
Top