googlesyndication.com

0 Comment
Nelayan Muarareja Terima Bantuan Alat Tangkap
Perwakilan nelayan Muarareja menerima bantuan peralatan tangkap dari Pemerintah Kota Tegal
Kota Tegal
Sebanyak 140 buah jaring tangkap 'Trammel Net' senilai Rp 200 juta dibagikan Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno kepada nelayan Muarareja, Kota Tegal.

Penyerahan bantuan dilakukan, Rabu (24/8/16) untuk mengatasi ketidak mampuan nelayan kecil tradisional yang kesulitan memiliki peralatan tangkap yang memadai.

Menurut Walikota bantuan pendampingan kelompok nelayan berupa alat tangkap Trammel Net tersebut cukup mahal untuk bisa dimiliki nelayan kecil. Sehingga Pemkot berinisiatif membantu.
"Dan alat tangkap yang diberikan bisa dimanfaatkan oleh kelompok nelayan secara bergantian untuk meningkatkan kuantitas hasil tangkapan," ujar Walikota.
Koordinator nelayan Muarareja, Marjuki (71 th) mengaku, dirinya selama 30 tahun menjadi nelayan, setelah 5 tahun berhenti beraktivitas sebagai nelayan, dirinya fokus menangani persoalan nelayan kecil untuk bisa mendapatkan peralatan tangkap yang lebih baik dalam menjalankan pekerjaanya sebagai nelayan tangkap.
"Semoga saja dengan adanya bantuan peralatan tangkap yang baru, bisa mensejahterakan nelayan kecil yang tidak mampu untuk bisa meningkatkan kesejahteraanya," tutur Marjuki.
Lain halnya dengan Tobari (46 th) nelayan Muarareja RT 02 RW 02 mengaku senang dan terbantu dengan adanya bantuan tersebut. Namun demikian 1 perahu kelompok nelayan membutuhkan setidaknya 25 buah jaring. Tapi kalau memang hanya mendapat 1 buah jaring, pihaknya tetap mengucapkan syukur.
"Kalau selama ini penghasilan tidak tentu, mudah-mudahan dengan adanya  peralatan tangkap yang baru bisa menghasilkan tangkapan yang lebih banyak. Sehingga penghasilanpun bisa meningkat," ucap Tobari.
Selain bantuan berupa alat tangkap Trammel Net, Pemerintah Kota Tegal juga memberikan bantuan lainya berupa basket untuk menampung hasil tangkapan nelayan.

Post a Comment

 
Top