googlesyndication.com

0 Comment
Lantik Pengurus PWI Kota Pekalongan, Gunawan Permadi Beri Sosialisasi UU Pers Dan KEJ
Pengurus baru PWI Kota Pekalongan periode 2016-2019
Kota Pekalongan
Gunawan Permadi, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Suara Merdeka yang juga mewakili Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah dalam pelantikan pengurus baru PWI Kota Pekalongan mengatakan, ancaman terhadap profesi wartawan dan kemerdekaan pers justru berasal dari pers itu sendiri.
"Diantaranya masih ada wartawan yang tidak profesional seperti tidak memahami teknik jurnalistik dan tidak mentaatinya," ucap Gunawan.
Menurut Gunawan, keberadaan wartawan seperti itu akan berimbas kepada kepercayaan publik dan dunia pers serta menjadi ancaman bagi bisnis pers. Karena itu, kompetensi wartawan itu menjadi kebutuhan yang mendesak.
"Menjadi wartawan itu tidak hanya sekedar mempunyai kartu pers, akan tetapi dia harus melakukan kegiatan jurnalistik yang teratur dan tergabung dalam perusahaan pers yang legal," terangnya.
Gunawan juga menyebut, yang dimaksud pers yang legal itu adalah yang berbadan hukum, ada penanggung jawab yang jelas identitasnya dan memiliki wartawan yang profesional. Yakni yang memiliki karya jurnalistik yang benar.

Sementara itu, selain pelantikan pengurus baru PWI Kota Pekalongan periode 2016-2019 juga dibarengi dengan kegiatan sosialisasi Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pokok-pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang digelar di Ruang Jatayu, Setda Kota Pekalongan, Sabtu (27/8/16).

Ditempat yang sama Wakil Walikota Pekalongan, Saelany Maghfud menyambut baik adanya sosialisasi tersebut. Dirinya berharap selain bisa memberikan pemahaman kepada insan pers sendiri juga isi materi sosialisasi tersebut bisa dimengerti oleh seluruh jajaran Pemerintah Kota Pekalongan.
"Suasana kondusif akan semakin terbangun seiring semakin baiknya interaksi antara Pemerintah Kota Pekalongan dan insan pers," tutur Saelany.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo, Sri Budi Santoso, Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balqis Diab, Kapolres Pekalongan, AKBP Enrico Sugiharto Silalahi dan Ketua KPU Kota Pekalongan, Basir.

Terpilih sebagai Ketua PWI Kota Pekalongan periode 2016-2019 Trias Purwadi dan sekretaris Awan Negus Takari.

Post a Comment

 
Top