googlesyndication.com

0 Comment
Hari Pertama Sekolah, Walikota Pekalongan Beri Kuliah Umum Di SMP N 7
Walikota beri kuliah umum dihadapan ratusan siswa-siswi SMP N 7 Kota Pekalongan


Kota Pekalongan
Hari pertama masuk sekolah, siswa SMP Negeri 7 Kota Pekalongan dikejutkan dengan kedatangan Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid. Tidak hanya sekedar datang, Walikota menyempatkan diri memberikan kuliah umum dihadpan peserta didik baru yang akan mengikuti kegiatan Masa orientasi Siswa (MOS).

Walikota Pekalongan Alf Arslan Djunaid mengatakan, ada tiga sekolah yang didatangi. Masing-masing memiliki perbedaan pengelolaan. Ketiganya anatara lain, SMP Negeri, SMP Swasta dan SMP yang dikelola Kementrian Agama.

"Secara bertahap saya akan keliling sekolah-sekolah tersebut untuk memberikan kuliah umum sekaligus untuk mengetahui peningkatan akses dan mutu pendidikan Kota Pekalongan," Ucapnya, Senin (18/7/16).
Dengan target 4 sampai 5 tahun dalam era kepemimpinanya, sebut Walikota, wajib belajar selama 9 tahun bisa betul-betul dilaksanakan.
"Tidak menutup kemungkinan bisa meningkat menjadi 12 tahun wajib belajar," ujarnya.
Terkait kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan sekolah (MPLS) bagi siswa didik baru, Walikota berharap tidak ada lagi tindak kekerasan yang dilakukan selama berlangsungnya MPLS.
"Sesuai Permendikbud No. 18 Tahun 2016. Jangan sampai praktek MPLS menjadi sesuatu yang ditakutkan siswa. Justru dengan adanya MPLS semoga siswa bisa belajar dengan tenang," terangnya
Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dindikpora, August Marhaen. August mengatakan, sudah tidak ada lagi MOS seperti tahun sebelumnya. Sekarang diganti menjadi MPLS sesuai peraturan Menteri.
"Dalam Peraturan tersebut dikatakan untuk lebih menekankan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan fisik maupun psikis," ungkapnya.
Dan juga, MPLS harus diselenggarakan oleh Kepala sekolah dan guru tanpa ada keterlibatan siswa yang lebih senior.
"Tidak boleh ada atribut apapun yang tidak terkait dengan sekolah. Jika dilanggar akan diberikan sangsi," tegas August.
Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Pekalongan, Sri Supadmi menjelaskan, ada 229 siswa yang mengikuti kegiatan kuliah umum dari Walikota.
"Dengan adanya kuliah umum yang diberikan, harapanya bisa meningkatkan motivasi siswa untuk lebih giat belajar," tuturnya

Post a Comment

 
Top