googlesyndication.com

0 Comment
Percepat Pembangunan, Pemkab Pemalang Siapkan 10 Desa Inovatif
Seminar Nasional Pembangunan Desa Inovatif untuk mempercepat pembangunan Desa digelar, Kamis (26/5/16) di Balroom Regina Hotel, Pemalang

Kabupaten Pemalang
Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang setiap tahunnya menargetkan minimal 2 Desa sebagai Desa Inovatif untuk mendorong percepatan pembangunan di Kawasan yang memiliki potensi unggulan di berbagai bidang. Hal tersebut terungkap dalam Seminar Nasional Pembangunan Desa Inovatif yang digelar di Ballroom Regina Hotel Pemalang, Kamis (26/5/16).

Menurut Wakil Bupati Pemalang, Martono, sebenarnya ada 34 Desa yang berpotensi menjadi Desa Inovatif. Namun tahap awal baru 10 Desa yang akan dijadikan sebagai Desa Inovatif di Kabupaten Pemalang.

"Di tahun 2016 ini, kita sudah siapkan Desa Mojo dan Desa Sikendung sebagai Desa inovatif yang masing-masing mempunyai karaktristik potensi unggulan yang berbeda," ungkap Martono.
Disebutkan Martono, Desa Mojo memiliki potensi sebagai sentra budidaya bandeng, kepiting soka dan udang vaname serta dikenal juga sebagai Desa wisata mangroove di Kabupaten Pemalang. Sementara Desa Sikendung terkenal memiliki potensi sebagai Desa yang mempunyai budidaya anggrek, ternak burung hantu dan penangkaran kerbau.
"Untuk mendorong percepatan pembangunan Desa-Desa tersebut Pemkab telah menampung usulan-usulan yang ada di Desa untuk bisa disinergikan dengan Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Pusat, salah satunya melalui seminar nasional ini," ucap Martono.
Dijelaskan Martono, kedepan selain 2 Desa yang telah disebut, Desa lainya yang telah dipersiapkan sebagai Desa inovasi seperti, Desa Peguyungan, Sarwosari, Kejambon, Gambuhan, Sikasur, Watukumpul, Penggarit dan Asem Doyong akan menyusul.
"Semuanya memiliki potensi unggulan untuk bisa diajukan. Dengan inovasi diberbagai bidang seperti, Kemaritiman, Pariwisata, Budaya, Pertanian dan UMKM," jelas Martono.
Sementara itu, Seminar Nasional Pembangunan Desa Inovatif juga dihadiri Direjen Kementrian Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal, Staff Ahli Kepresidenan Bidang Pembangunan Desa, Wakil Bupati Pemalang dan perwakilan Desa Inovatif Kabupaten Pemalang. Selain itu juga dipamerkan stan produk unggulan seperti kerajinan, hasil olahan laut, inovasi olahan berbahan telur bebek serta berbagai ragam kuliner khas Desa-Desa Inovatif lainnya.

Post a Comment

 
Top