googlesyndication.com

13 Comment
Posisi Duduk

Bekerja dengan komputer baik PC maupun laptop sangat mengasyikkan, kita kadang-kadang lupa istilahnya tidak ingat waktu dan bisa juga berdampak langsung pada kesehatan, terlalu sering berlama-lama di depan komputer baik pada saat mengerjakan tugas kantor maupun tugas sekolah, pekerjaan kadang mengasyikkan ataupun kadang membosankan itu dialami semua baik mahasiswa pekerja kantoran, pelajar maupun pekerja paruh waktu atau freelancer, seringkali membuat badan terasa pegal dan kaku. Belum lagi mata terasa lelah, sakit kepala, dan mungkin masih ada keluhan-keluhan lainnya. 
Berikut ada sedikit tips dan trik agar kita enjoy atau rileks dalam melakukan pekerjaan menggunakan komputer maupun laptop atau jaman sekarang yang lagi booming atau lagi tren yaitu Gadget berikut ini tips dan triksnya :  

  • Sumber Cahaya 
Cahaya alami dari matahari pagi, tentu sangat baik bagi jiwa dan tubuh, Namun, saat bekerja di rumah maupun di kantor yang menggunakan sebuah perangkat komputer permasalahannnya kita jarang mendapat cahaya alami secara langsung, karena beberapa rumah dan kantor biasanya tertutup gorden dan menggunakan AC memang menggunakan AC sejuk bisa juga tidak terkena matahari langsung yang menyegat, tempat kerja harus didukung oleh tata cahaya yang optimal, baik itu cahaya alami, maupun cahaya buatan. Oleh karena itu, saat
membangun rumah atau gedung perkantoran, kita harus memikirkan tata letak jendela, sebagai penyerap sumber cahaya alami. Idealnya, sebuah ruang kerja di rumah maupun perkantoran diberi Rekomendasi untuk sumber cahaya alami: Alangkah lebih baik, jika ruangan tempat kita bekerja dilengkapi dengan jendela kaca yang dapat menyerap matahari pagi secara langsung.


  • Posisi Duduk

Untuk mencegah rasa pegal linu pada punggung, Anda harus duduk dalam posisi tegak! Usahakan punggung kursi, lutut, pinggul, dan lengan, membentuk siku dengan luwes dan nyaman, Pilihlah tempat duduk yang memiliki sandaran punggung, dudukan lengan, dan dapat diatur ketinggiannya. Upayakan Anda dapat duduk dangan santai, sehingga akan lebih nyaman saat bekerja.

  •  Layar dan Keyboard

Setelah selesai mengatur posisi duduk yang nyaman, ada baiknya Anda mengatur posisi monitor komputer Anda. Aturlah posisi monitor di atas meja kerja sesuai dengan kenyamanan Anda, sesuaikan layar sehingga ketinggian garis atas layar terletak di depan mata Anda. Kemudian, miringkan layar ke arah mata Anda, sehingga tidak terlalu tegak. Posisi layar monitor, idealnya berjarak antara 50 sampai dengan 80 cm dari mata Anda. Keyboard juga dapat Anda atur, sehingga tidak terlalu jauh, berkisar 10 sampai 15 cm ke tepian meja. gunakan ukuran layar monitor diatas 21 inci agar nyaman di mata anda saat membaca huruf huruh di latar monitor gunakan monitor LCD jangan monitor tabung yang beresolusi tinggi dan kontrasnya diatur auto contras agar sesuai dengan mata anda, Gunakan keyboard dengan desain yang ergonomis, dan memiliki tuts yang mudah ditekan. Aturlah posisi tangan Anda di atas meja, sehingga jemari dan pergelangan tangan tidak mudah lelah.

  • Posisi Printer

kalau bisa gunakan printer yang cepat dalam mencetak karena efek Tinta printer memiliki emisi partikel yang mugkin dapat membahayakan kesehatan mata dan pernafasan Anda, gunakan printer yang ramah lingkungan Karena itu, simpanlah printer lebih rendah dari meja komputer, tetapi masih dapat terjangkau oleh Anda.

Post a Comment

 
Top