googlesyndication.com

3 Comment
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pekalongan menggelar pelatihan serta workshop tekhnologi informasi dan Media Sosial bagi para aktivis Kelurahan dan karang taruna dari 27 Kelurahan yang ada di Kota Pekalongan, Kamis (19/11/15) kemarin.

Pelatihan dan workshop diselenggarakan untuk mempermudah percepatan informasi publik dan sebagai sarana untuk penyebarluasan informasi, salah satunya melalui Media Sosial twitter

Kepala Kominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya pemerintah dalam memaksimalkan informasi publik.
"Warga sekarang tak perlu susah untuk menyampaikan informasi berupa keluhan. Sebab dengan Media Sosial selain sangat mudah, juga cepat," terang Sri Budi.
Dalam pelaksanaanya, peserta dikenalkan banyak inovasi berupa aplikasi yang berhasil dikembangkan oleh Kominfo dalam mendukung pelayanan masyarakat Kota Pekalongan.

Menurut Sri Budi, salah satu inovasi sarana mempermudah penyebaran informasi yang menghubungkan pemerintah di tingkat Kelurahan dengan pemerintah Kota adalah keberadaan Telecenter yang tersebar diseluruh Kelurahan.

Masih menurut Sri Budi, produk inovasi dari pengembangan aplikasi yang dirintis oleh Kominfo diantaranya SIM e-Health, Penjadwalan Imunisasi Anak (SePIA), surat online dan e-Library, sebuah aplikasi untuk mengakses buku tanpa harus ke Perpustakaan.
"Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dikembangkan. Pemanfaatannya ada yang bersifat internal untuk mendukung administrasi kantor dan yang langsung dimanfaatkan masyarakat seperti yang sudah disebutkan," bebernya.
Dikatakan Sri Budi, pesatnya perkembangan teknologi informasi, peserta diharapkan dapat menjadi kontrol sosial. Terutama dalam hal penggunaan teknologi tersebut dengan bijak dan tidak menyalahgunakannya.

Post a Comment

 
Top