googlesyndication.com

7 Comment
Kota Pekalongan Waspadai Masuknya Imigran Ilegal
Kantor Imigrasi pemalang menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi penaggulangan imigran ilegal di Indonesia yang digelar di Hotel Namira, Kota Pekalongan, kemarin
Kota Pekalongan
Mewaspadai pergerakan imigran illegal yang marak diberbagai negara termasuk Indonesia yang wilayahnya luas menjadi salah satu target pintu masuk tujuan utama maupun tempat persinggahan para imigran gelap terutama wilayah Jawa Tengah, menindak lanjuti hal tersebut Kantor Imigrasi Pemalang menggelar Rapat Koordinasi dan sosialisasi penanganan dan penanggulangan imigran gelap di  Hotel Syariah, Kota Pekalongan.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Jawa Tengah, E Sutarto yang menjadi nara sumber mengatakan, Meski belum ditemukan kasus imigran gelap di Kota Pekalongan akan tetapi perlu adanya peningkatan kewaspadaan dan kerjasama lintas sektoral untuk mencegah masuknya para imigran ilegal.
"Keberadaan imigran illegal baik itu sebagia pengungsi maupun sebagai pencari suaka penangananya harus ditangani secara prosedural karena butuh koordinasi intansi terkait," ucapnya.
Perlu juga dipikirkan dampak sosial, budaya, idiologi dan paham radikalisme yang bisa jadi menyusup melalui asimilasi dari proses penanganan para imigran.
"Bedasarkan data yang tercatat Imigrasi Indonesia, jumlah total pengungsi dan pencari suaka sampai bulan Juli 2015 mencapai 12.177 jiwa, terdiri dari 5.218 pengungsi dan 6.959 pencari suaka," ungkapnya.
Dari semua jumlah total imigran ilegal menurut Sutarto, masih didominasi pengung si maupun pencari suaka asal timur tengah selebihnya etnis rohingya Myanmar.
"Mereka ditampung di rumuh detensi imigran (Rudenim) sebagai unit pelaksana teknis yang menjalankan fungsi keimigrasian di tempat penampungan sementara bagi orang asing yang melanggar UU Imigrasi," terangnya.
Acara rakor sendiri dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi Pemalang, Effendi Saragih dan jajaranya sebagai penyelenggara dan juga dihadiri oleh Asisten I Walikota Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kominfo, Kesbangpol, Kejaksaan Negeri dan Kantor Kementrian Agama Kota Pekalongan.

Post a Comment

 
Top