3 Comment
Kirab Harlah AMRI, Arak 63 Kitab Karya Ulama Syech Achmad Rifa'i
Para santri Rifa'iyah mengarak kitab-kitab karya ulama syech Achmad Rifa'iyah dalam kirab memperingati Harlah AMRI ke 14 di Pekalongan
Pekalongan
Puncak acara Harlah Angkatan Muda Rifai'iyah (AMRI) Pekalongan dimeriahkan dengan kirab yang diikuti ratusan peserta dari beberapa daerah dan lembaga pendidikan Rifai'yah setempat baik formal maupun informal.

Dalam kegiatan kirab para peserta juga mengarak sebanyak 63 judul kitab berbahasa jawa karya ulama Syaik Achmad Rifa'i yang bawa para santri menyusuri rute Sapugarut Bligo-Sapugarut.

Kegiatan kirab dikawal oleh kepolisian setempat dibantu Barisan AMRI Nusantara (Baranusa) selaku badan semi otonom AMRI dibidang pengamanan.
Salah satu pimpinan daerah AMRI Batang yang berhasil ditemui menyebutkan, 63 kitab yang diarak merupakan karya ulama Achmad Rifa'i yang berisi syariat agama Islam dalam bahasa jawa berbentuk syair yang ditulis menggunakan aksara arab pegon.
"Itu sengaja diarak untuk menunjukan semua karya ulama Achmad Rifa'i kepada masyarakat," ungkap Abdul Basith, Selasa (27/10/15).
Dijelaskan, dalam harlah ke 14 ini sengaja kami sajikan kepada masyarakat berupa 63 judul kitab. Sebenarnya ada lebih. Hanya yang kami bawa dari perpustakaan Rifa’iyah di Jajarwayang hanya 63 saja.
"Tidak hanya kirab, kami pamerkan juga batik khas Rifai'yah dalam berbagai motif. Ada 12 motif yang kami tampilkan berupa batik tulis jenis batik tiga negeri," terangnya.

Post a Comment Blogger

 
Top