0 Comment
90 Tenaga Pembina Pramuka Gugus Depan Ikuti KMD
KMD dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Helien Tedjo Oetami dengan menyerahkan bendera secara simbolis  sebagai tanda dimulainya kursus.
Kota Tegal
Dinas Pendidikan Kota Tegal menyelenggarakan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diperuntukan bagi 90 Tenaga Pembina Pramuka Gugus Depan yang berada di SD, SMP, SMA/SMK se Kota Tegal.
Kursus yang di mulai kemarin, Senin (26/10/15) dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami sedang para peserta terdiri dari 40 Pembina Pramuka SD, 25 Pembina Pramuka SMP dan 25 Pembina Pramuka SMA/SMK di 4 UPPD se Kota Tegal.
KMD di gelar selama empat hari, tiga hari diselenggarakan di Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcap Kota Tegal dan sehari di lapangan terbuka SMP Bhakti Praja Sumur Panggang.
Sedang tim pembimbing berjumlah 22 orang pelatih dari lingkungan Karcap Kota Tegal.


Dalam sambutanya Herlien menyampaikan, dasar peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 telah mengamanatkan bahwa kegiatan Pramuka merupakan kegiatan ekstra kurikuler wajib pendidikan dasar dan pendidikan menegah.
"mengingat bahwa pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup dan akhlak mulia Pramuka mela lui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramu kaan," ujarnya.
Dikatakan Herlin peranan Pembina Pramuka sangat penting dalam pengorganisasian dan pelaksanaan kegiatan kepramukaan, yaitu sebagai pendidik, pengawas, motivator, pengarah dan konsultan terdekat.
"Untuk itu peran pembina pramuka yang begitu penting itulah maka perlu dilakukan upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan pembina dalam membina peserta didik agar tercapai tujuan gerakan pramuka,” terang Herlien.
Herlien berpesan kepada segenap peseta KMD untuk dapat memanfaatkan dan mengikuti dengan sungguh-sungguh seluruh kegiatan dan penyampaian materi dari tim Pelatih Pembina Pramuka dengan sebaik-baiknya, dari awal sampai akhir pelaksanaan, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
“Sebab ilmu dan ketrampilan yang diperoleh dari kegiatan KMD ini akan berguna dalam upaya peningkatan kualitas dan peran serta Gerakan Pramuka dalam peningkatan pembangunan yang ada di kota Tegal,” tandas Herlien.

Post a Comment Blogger

 
Top