1 Comment
Dibenahi, Kampung Tirang Akan Diubah Jadi Kampung Deret Nelayan
Gambar atas menunjukan lokasi sebelum dibangun dan gambar bawah  loasi kampung deret nelayan yang sudah jadi, Foto diambil dari udara dengan menggunakan Drone
Kota Tegal
Kampung Tirang yang berlokasi disebelah barat Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Kota Tegal akan dikembangkan sebagai Pilot Project penataan kampung nelayan Indonesia dengan membangun kampung deret nelayan yang akan dibiayai dengan menggunakan dana CSR BUMN. Untuk mewujudkan hal itu Pemerintah Kota Tegal menggandeng BUMN dan Universitas Gajah Mada sebagai mitra.

Selain kampung deret nelayan sebagai Pilot Projectnya, PemKot Tegal juga tengah membangun Rumah susun nelayan yang berlokasi di Jalan Lingkar Utara (jalingkut) Kelurahan Tegalsari dengan menggunakan dana CSR BUMN.
“Sebagai pilot project nasional,akan  dilakukan penataan kampung nelayan di Pulau Tirang seluas 35 Ha dan pembangu nan rusun nelayan di Tegalsari seluas 13.581. Diharapkan dalam waktu dekat segera dilaksanakan eksekusinya,” ungkap Kepala Dinas Permukiman dan Tata Ruang Kota Tegal Ir. Nur Effendi, kemarin.
Menurut Nur Effendi, dengan menggunakan Drone, Direktorat Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Khusus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPera) mengambil foto udara dan menerjunkan personel bersama tim Pusat Kajian Permukiman dan Perumahan (Pusperkim) UGM yang dipimpin Prof DR Ir Budi Prayitno.

Selain itu juga terlibat, ikatan Arsitek Indonesia melakukan survey lokasi di Kampung Tirang seluas 15 Ha di Tegal sari.

Dalam tahap awal, akan dibangun 12 unit dengan dua dermaga. Dengan konstruksi struktur utama beton berbentuk panggung, dilengkapi fasilitas parkir kapal nelayan, jalan konstruksi panggung dengan dilengkapi gate kampung deret nelayan sebagai pintu masuk dan lampu penerangan dengan solar cell.

Dijelaskan, setelah terwujud, para nelayan dapat menjual hasil laut segar maupun yang sudah dimasak hasil dari tangkapan nelayan langsung kepada masyarakat maupun wisatawan yang datang. 
"Sehingga ini diharapkan dapat menjadi ikon baru dan destinasi atau tujuan wisata di Kota Tegal," ucapnya.

Post a Comment Blogger

 
Top