googlesyndication.com

1 Comment
Ribuan Warga Pekalongan Antri Beras

Kota Pekalongan - Ribuan masyarakat Kota Pekalongan mengantri beras yang dibagikan oleh Klenteng Pho A Tian pada Minggu pagi (6/9/15) di pelataran rumah ibadah umat Khong Huchu tersebut di Jalan Salak, Kota Pekalongan.

Ketua yayasan Tri Dharma Pho A Tian Pekalongan mengatakan, tahun ini jumlah antrianya lebih besar dan beras yang dibagikanpun lebih banyak daripada tahun kemarin.
"Kami rasa mungkin karena adanya krisis ekonomi sekarang ini membuat warga yang mengantri jadi jauh lebih besar,"ucapnya saat bagi-bagi beras masih berlangsung.
Disampaikan Heru, kegiatan pembagian beras kepada warga tersebut dalam rangka sembayang rutin tiap tanggal 15 bulan ke-7 dalam sistem penanggalan china.
"Sembayang yang kami lakukan berupa pemberian sesaji kepada para arwah. Terutama mereka yang tidak terurus oleh ahli warisnya selama ini,"ungkapnya.
Dijelaskan, sesaji yang diberikan dimaksudkan untuk memberi makan para arwah tersebut, karena banyak dari mereka sudah tidak dapat atau tidak sempat terurus dengan baik oleh keluarga atau familinya.

Kegiatan pembagian beras menjadi salah satu bagian dari kegiatan yang berlangsung setahun sekali dan salah satu bagian dari ritual amal dari salah satu tata cara ibadah yang berlangsung di Klenteng Po A Tian yang sudah berlangsung lama dan menjadi tradisi yang terus  diselenggarakan

Dalam kegiatan tersebut, tak kurang dari 6 ton beras akan dibag ikan dari hasil para donatur dan sumbangan ummat.

Heru menjamin, semua akan mendapat bagian beras karena kalau memang dirasa kurang pihaknya sudah mempunyai cadangan.
"Siapapun yang datang dipastikan akan mendapat bagian, kami sia pkan 6 ton beras dan cadangan jika masih kurang kami akan beli lagi karena anggaran sudah siap," tegasnya.
Heru menambahkan, yang dibagikan hanya beras dan dalam kegiatan tersebut sudah diatur dalam dua sesi pembagian.
"Sesi yang pertama, ibu-ibu dan remaja putri. sesi yang kedua khusus laki-laki agar tertib dan dalam pelaksanaanya kami meminta pengamanan dari Polsek Pekalongan Timur,"tukasnya.
Ditempat yang sama, Kapolsek Pekalongan Timur, Kompol Agus Riyanto mengatakan, untuk mengamankan pembagian beras tersebut pihaknya menurunkan  15 personil bantuan dari Polres, 20 personil anggota Polsek Timur dan 20 personil Pam Swakarsa.
"Selain itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kami inginkan kami telah siapkankan tenaga medis dan ambulan," tuntasnya.

Post a Comment

 
Top