googlesyndication.com

6 Comment
Syawalan, Warga Tirto Pilih Bersihkan Enceng Gondok
Tumpukan Tanaman hama enceng gondok di sepanjang sungai Bermi di wilayah kelurahan Tirto meresahkan warga sehingga warga akhirnya memutuskan untuk kerja bakti, Jumat (24/7/15)
Kota Pekalongan
Suasana lebaran tak menghalangi warga Kelurahan Tirto, Kota Pekalongan untuk melakukan aksi bersih Kali Bremi yang di penuhi enceng gondok. Bahu membahu mereka terjun ke sungai dengan peralatan sederhana membabat habis tumpukan enceng gondok.

Aksi tersebut melibatkan warga Rt 03.Rw 01 dan warga Rt 03.Rw08. Selama beberapa hari dari usai lebaran Idul fitri hingga syawalan ini warga terus membebaskan tumpukan enceng gondok sepanjang 500 meter.

Khaerudin, salah satu warga bantaran sungai yang ikut dalam aksi tersebut mengatakan, kerja bakti warga membersihkan sungai dari tanaman enceng gondok selain untuk mengisi liburan, juga untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan yang dikhawatirkan akan menimbulkkan masalah jika enceng gondok tidak dibersihkan.
"Lagian dari pada buang-buang duit di tempat wisata, mendingan kami kerja bakti membersihkan enceng gondok,"ujarnya.
Mengandalkan Pemerintah, kami sudah lelah. karena permintaan menormali sasikan sungai Bermi tak pernah dikabulkan ungkap Khaerudin

Dimusim kemarau seperti ini, lanjutnya, tanaman akan cepat tumbuh menutupi badan sungai, Warga khawatir kalau musim penghujan tiba sungai tidak lancar mengalir karena tersumbat tanaman terse but.
"Hitung-hitung kami melakukan normalisasi sunagai sendiri secara manual,"terangnya.


Post a Comment

 
Top