googlesyndication.com

0 Comment
Akik Jadi Cinderamata Lebaran
Batu mentah yang siap dipotong dan diolah jadi ratusan pasang cincin sebagai cinderamata lebaran
Pekalongan
Ada fonomena baru dalam perkembangan batu alam yang jamak dijadikan perhiasan penghiasjari atau lazim disebut Akik. Makin banyak masyarakat yang memesan batu alam untuk dijadikan cinderamata lebaran. Di pasar akik nusantara IBC beberapa pengrajin akik yang membuka lapak di sana mulai banyak kebanjiran order.
Baca Juga  Dekati Lebaran, Pasar Akik Nusantara IBC Semakin Rame
"Menjelang lebaran ini banyak yang memesan cicin akik dalam jumlah banyak namun yang unik harus bermotif sama atau seragam yang jumlahnya mulai dari puluhan hingga ratusan cincin,"ucap Teko pengrajin akik yang ditemui di lokasi.
Tidak hanya sebagai cinderamata lebaran saja, banyak pesanan lainya mengalir datang dari pasangan muda mudi yang memesan ciancin dan liontin bermotif kembar.

Rata-rata yang datang memesan kepada pengrajin yang juga panitia even pasar akik nusantara IBC tersebut kebanyakan orang yang sudah berumur.
"Katanya untuk diberikan kepada anak dan cucu serta kerabat sebagai identitas keluarga besar mereka karena kemarin saya terima pesanan cincin sebanyak 150 buah dari seorang pengusaha besar dengan kualitas bagus untuk dibagi saat lebaran nanti,esa" ungkap Teko.
"Sedang yang memesan model couple atau pasangan kebanyakan orang yang sedang pacaran," lanjutnya.
Meski dipakai laki-laki dan perempuan namun ada perbedaan bentuk cincin dan liontin keduanya.
"Cincin dan liontin wanita bentuk dan ukuranya lebih kecil dari yang biasa dipakai laki-laki," terangnya.
Dari sekian yang datang kepadanya, lanjut teko, kebanyakan hanya minta dibuatkan saja dengan membawa batu sendiri.
"Saya memotong dan memolesnya hingga jadi dan untuk pengikatnya atau embanya mereka biasnya mengusahakan sendiri,"tukasnya.

Post a Comment

 
Top