googlesyndication.com

0 Comment
 Biaya Haji Untuk Kota Pekalongan Turun, Ini Rincianya
M Nadhif, Kasi Peneyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Pekalongan


Kota Pekalongan
Secara nasional biaya haji tahun ini mengalami penurunan sebesar USD 502, lebih murah dibanding biaya haji tahun sebelumnya, untuk Kota Pekalongan biaya haji ini ditetapkan Kemenag sebesar USD 2.769, terdapat selisih USD 52 dari biaya haji rata-rata nasional yang sudah ditetapkan sebesar USD 2.717, hal tersebut diungkapkan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemen trian Agama Kota Pekalongan M Nadhif, Selasa (2/6/15) kemarin.

" Memang terdapat selisih antara biaya rata-rata nasional dengan biaya haji disetiap embargasi, karena biaya haji dihitung sesuai jarak dan dihitung seadil-adilnya," ucapnya.


Dijelaskan Nadhif, saat ini jarak embarkasi masuk dalam perhitungan, mungkin untuk jarak yang lebih dekat tujuan semisal Aceh tentu akan lebih murah dibanding yang lebih ke timur atau semakin ke timur jarak semakin jauh dan sudah barang tentu akan lebih mahal.

Jika melihat acuan biaya rata-rata nasional, lanjut Dia, maka penurunan sebesar USD 502 bukan biaya haji menjadi turun akan tetapi lebih ke penaikan subsidi untuk haji dari pemerintah mengalami kenaikan.



" Jadi subsidi yang naik tersebut yang menjadikan biaya haji sekarang terkesan turun, biaya yang dikeluarkan jamaah haji hanya diperuntukan untuk membayar penerbangan dan hotel. Selebihnya pemerintah yang mensubsidi," jelasnya.






Post a Comment

 
Top