googlesyndication.com

0 Comment
Banyak Fungsi, SIPINTER Diluncurkan Mudahkan Kerja Babinsa
SIPINTER dicek dan siap didistribusikan


Kota Pekalongan
Smartfren Telecom Tbk bekerja sama dengan Kodam IV Diponegoro melun curkan program Sistem Pelaporan Informasi Teritorial (SIPINTER) di Makodim 0710/Pekalongan,Rabu (3/6/15) guna menunjang program nasional pemerintah berswasembada pangan di tahun 2017.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Riza Anom Putranto dalam acara launching perdana program SIPINTER menjelaskan, dengan peluncuran program SIPINTER diharapkan dapat memaksimalkan upaya khusus dan sekaligus meningkatkan pencapaian target swasembada pangan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya para Babinsa akan memanfaatkan program tersebut dalam pelaksanaan Binter.

“Seiring kemajuan teknologi tersebut, diharapkan akan diimbangi dengan peningkatan kemampuan para Babinsa. Hal ini mengingat, Babinsa adalah ujung tombak pelaksana Pembinaan Teritorial (Binter) di lapangan dan memegang posisi strategis”, paparnya.

Dengan Program SIPINTER, lanjut Dandim, diharapkan dapat mensinergikan peran Dinas Pertanian, PPL, dan Babinsa, di lapangan melalui koordinasi secara terpadu dan terintegri tas.


Tak hanya itu, tambahnya,  program SIPINTER dapat digunakan sebagai sarana pelaporan kegiatan para Babinsa yang valid di lapangan, antara lain meliputi pelaporan tentang  pemetaan potensi wilayah, pemetaan wilayah tanam, pendataan kelompok tani, pendataan supp lier bibit, pupuk, informasi supply and demand pupuk, informasi penyuluhan pertanian dan early warning serangan hama.



Di sisi lain, imbuhnya program tersebut juga sebagai sarana mengukur kinerja pencapaian target di lapangan. Fungsi-fungsi aplikasi SIPINTER dapat dengan mudah dipantau dan dikendalikan melalui Command Center/Puskodal yang berlokasi di Makodam IV/Diponegoro , Makorem dan Makodim. 

Post a Comment

 
Top