googlesyndication.com

0 Comment
Hasil Panen Raya Kelurahan Duwet 11,7 Ton Per Hektar
Kota Pekalongan
Sebagai upaya menindak lanjuti keputusan Presiden bahwa TNI harus berperan aktif dalam upaya meningkatkan Swasembada Pangan, Dandim 0710 beserta anggotanya ikut serta dalam kegiatan Panen Raya di Kelurahan Soko Duwet Pekalongan (8/4/15). Hadir Pada acara ini Dandim 0710 Pekalongan Letnan Kolonel (Letkol) Infantri (Inf) Riza Anom Putranto, SIP Kepala Bulog Sub Divre VI, Pekalongan, Fasikha Khaerul Zaman dan sejumlah pejabat lainya.

Pada kesempatan tersebut Riza Anom   menyatakan siap membantu meningkatkan Swasembada Pangan di Kota Pekalongan. 

“berdasarkan mandat dari Presiden Jokowi, mengenai peran serta TNI dalam meningkatkan Swasembada Pangan bagi Petani di Seluruh Nusantara ini, saya bersama jajaran siap untuk terjun langsung ke lapangan guna memberikan pendampingan kepada para Petani di lingkungan kam,.” Katanya.

Terkait nasib parapetani padi, Kepala Bulog Sub Divre VI, Pekalongan, Fasikha Khaerul Zaman menyatakan harga jual beras dari petani sudah ditingkatkan guna kesejahteraan mereka.  

 “berdasarkan Inpres No 5 tahun 2015 bahwa harga beli gabah kering panen sekitar 3700 kilo, sedangkan gabah hasil giling 7300 per kilo. Diharapkan dengan adanya nilai jual gabah ini para petani bisa langsung untuk menjual gabahnya secara langsung ke bulog, bukan ke tengkulak lagi. Dengan hal ini diharapkan akan menambah kese jahteraan Petani di Indonesia,tegasnya.

Untuk bisa menjual berasnya ke Bulog syarat yang dibutuhkan tidaklah rumit, para petani harus menunjukkan adanya lahan garap yang jelas.

 “Selain itu juga harus ada laporan jumlah petani secara jelas pula,”  Imbuhnya.
Pada Panen Raya kali ini, ada kenaikan jumlah padi per hektarnya. Yang dulunya per hektarnya menghasilkan kurang lebihnya berada di kisaran 9 ton saja per hektarnya, pada panen Raya kali ini mampu menghasilkan 11,7 ton per hektarnya.
Diharapkan ke depannya, panen Raya selanjutnya dapat meningkat, apa lagi dengan adanya peran serta TNI sebagai upaya meningkatkan Swasembada Pangan di Indonesia. 
(MC/Diskominfo/Adi/AN Takari)

Post a Comment

 
Top