0 Comment
Teknologi Komputer Dibalik Formula 1
Balapan Formula 1

Di balapan Formula 1 terdapat banyak teknologi komputer canggih yang membuat balapan F1 ini selalu menarik untuk dilihat.teknologi komputer masih terus mengikuti di setiap balapan. Dari data NetApp, sebuah mobil Formula 1 modern setidaknya membutuhkan 130 sensor. Sensor-sensor ini selalu memantau keadaan mobil setiap detik. yang nantinya digunakan untuk me-review hasil balapan dan digunakan untuk pengembangan mobil berikutnya.

Untuk menunjang pengiriman data dari mobil ke CPU di pit dengan lancar, dibutuhkan dukungan super komputer dengan komponen high-end di dalamnya, termasuk prosesor dan jaringan data. Bagi para kru pit, transfer data dari mobil ke pit dan sebaliknya, harus dilakukan dengan sempurna. Gangguan sekecil apapun pada transfer data bisa menghambat jalannya balapan dan pengembangan mobil di setiap tim. 
Teknologi Komputer Dibalik Formula 1
Teknologi Rem
Teknologi Komputer Dibalik Formula 1
pusat Kontrol mobile
Oleh sebab itu, sebuah mobile server harus tersedia dan selalu siap Selain itu, mobile server tersebut juga harus siap menampung ratusan giga data yang ditampung dari setiap balapan, mulai Di Formula 1, semua pengukuran waktu memang harus dicatat dengan sangat detail. 

Oleh karena itu, berbagai sensor dan kamera dihubungkan dengan perangkat PC dan notebook yang ada di pit. Komputer sudah menjadi bagian yang sangat penting bagi balapan Formula 1. Jadi, ketika pembalap tengah beraksi di balik kemudi, para teknisi di pit dapat melihat berbagai hal penting mengenai kondisi mobil saat itu juga. Perubahan sekecil apapun dapat mereka lihat. Dengan angka-angka yang muncul di komputer para teknisi ini, mereka bisa mengetahui setiap masalah dan solusi yang terjadi pada mobil saat sedang menyelesaikan puluhan lap. 

Selain untuk tim di pit, teknologi komputer juga digunakan di setiap sirkuit. Ratusan sensor diletakkan di berbagai sisi sirkuit untuk mengukur waktu, memprediksi cuaca, mengetahui temperatur lintasan, hingga sensor di garis finish untuk menentukan pemenang. Tingkat akurasi pengukuran sensor-sensor tersebut bahkan hingga mencapai seperseribu detik. Hasil kalkulasi data dari sensor-sensor itu sebagian juga dikirim ke setiap tim untuk kebutuhan para pembalapnya saat balapan masih berlangsung.

Post a Comment Blogger

 
Top