googlesyndication.com

1 Comment
Mengenal Internet of Things (IoT)
Diagram Internet of Things(IoT)
Internet of Things (IoT) sudah mulau merasuki segala segi kehidupan kita tidak hanya di rumah IoT telah berada di tempat bekerja, pabrik, rumah sakit dan lain-lain tidak hanya menjanjikan kemudahan dan kenyamanan hidup, tetapi IoT juga menjanjikan potensi ekonomi dan bisnis yang luar biasa.

"Menurut IDC (International Data Corporation) tak kurang dari 212 miliar piranti akan saling terkoneksi pada tahun 2020, IDC memperkirakan pada tahun 2020 Iot  dan ekosistem teknologi di sekitarnya akan menciptakan pasar senilai US$ 8,9 triliun"
Lalu apa itu Internet of Things (IoT)  menurut Wikipedia Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. 

Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

Istilah IoT (Internet of Things) mulai dikenal pada tahun 1999 pada sebuah presentasi oleh Kevin Ashton, Co-founder and Executive Director of the Auto-ID Center di MIT (Institut Teknologi Massachusetts).

Internet of Things (IoT) menggambarkan terhubungnya semua benda ke jaringan Internet. Seperti contoh yang terhubung berupa Televisi, tirai, coffe maker, tempat tidur, garasi, meja, pulpen, gelang,jam tangan dll semua perangkat tersebut memiliki sensor sehingga bisa mengenali lingkungan sekitarnya. Sesama perangkat IoT juga bisa berbicara satu sama lain sehingga tercipta ekosistem yang membuat semua hal bisa terjadi secara otomatis, Platform Iot bisa menjadi Smart City untuk meningkatkan kualitas kehidupan warga,Platform IoT juga bisa digunakan di mesin industri yang akan memonitor kinerja tiap mesin secara real time sehingga setiap masalah bisa diketahui dengan cepat.

Post a Comment

 
Top