googlesyndication.com

1 Comment
Air adalah musuh utama dari barang elektronik, termasuk Smartphone anda, Sehati-hati apapun anda menyimpan Smartphone di saku, tas atau memegangnya secara erat di genggaman bisa saja saat lengah Smartphone terjatuh kedalam genangan air, basah di saku celana karena kehujanan, atau situasi lainnya.
Solusi Smartphone Terendam Air
Solusi Ponsel terkena air

Hal pertama yang dilakukan adalah jangan panik ambil Smartphone anda yang terkena air lalu keringkan dengan lap, kain baju atau lainnya. 

Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan ketika Smartphone dalam keadaan basah :

  1. Jika smartphone mati jangan dihidupkan, jangan pula menekan tombol apapun di Smartphone.
  2. Jangan guncangkan Smartphone untuk berusaha mengeluarkan air di dalamnya.
  3. Jika anda membuka casing jangan coba-coba meniup sisa air didalamnya hal ini dapat mengakibatkan air berpindah ke komponen yang vital.
  4. jangan panaskan Smartphone, seperti menggunakan pengering rambut atau Hairdryer karena panas yang tinggi dapat merusak komponen Smartphone.
Langkah untuk menyelamatkan Smartphone
Yang perlu diperhatikan adalah langkah ini tidak bisa memastikan kondisi Smartphone 100% seperti awal, namun masih ada kemungkinan untuk berhasil.
Phone Drying Pouch 

  • Matikan Smartpohone, siapa tahu walaupun terkena air Smartphone tetap hidup tetapi hang.
  • Lepas casing belakang, lepas Micro Sd dan kartu Sim dari slotnya, lepaskan batere jika tidak bisa dilepas biarkan saja.
  • Keringkan body Smartphone dengan kain lap.
  • Ambil sebuah plastik lalu isikan dengan beras, pendam batere dan Smartphone di dalamnya selama 2 hari mungkin cara ini tidak masuk akal tetapi kumpulan beras dapat menyerap sisa-sisa air yang ada.
  • Sebagian toko elektronik menjual Phone Drying Pouch alias kantung pengering khusus untuk ponsel yang terkena air.
  • Setelah 2 hari coba pasangkan batere dan hidupkan Smarphone, coba tekan semua tombol yang ada untuk mengecek fungsinya mainkan juga musik untuk mengecek speaker, tes juga respionsitas layar sentuh.
  • Jika Smartphone sama sekali tidak menyala coba mengisi batere untuk melihat apakah berhasil jika tidak ada kemungkinan batere rusak ganti atau meminjam batere pada teman dengan tipe yang sama.
  • Jika semua langkah di atas masih tidak bisa mau tidak mau harus dibawa ke servis center resmi Smarphone anda.

Post a Comment

 
Top