googlesyndication.com

0 Comment

Pekalongan, Info publik –

Pemkot Pekalongan Terima Penghargaan  e-Rekapitulasi Dari BPPT

Walikota Pekalongan Dr HM Basyir Ahmad 

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan  kembali menorehkan prestasi. Kali ini penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) terkait dukungan dan kerjasama Pemkot Pekalongan dalam uji petik e-rekapitulasi Pemilu Legislatif 2014 lalu. Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala BPPT dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dab Informatika Kota Pekalongan Sri Budi Santoso disela-sela acara Dialog Nasional Inovasi TIK untuk Pelayanan Publik Secara elektronik di Gedung II Lantai 3 BPPT, Jakarta, Rabu (12/11)

Pemkot Pekalongan Terima Penghargaan  e-Rekapitulasi Dari BPPT
Pemkot Pekalongan Terima Penghargaan  e-Rekapitulasi Dari BPPT

Menurut Sri Budi Santoso ada 4 daerah yang mendapatkan penghargaan terkait e- voting, yakin Pemkab Boyolali, Musirawas dan Jembrana. “Namun untuk Kota Pekalongan ini lebih istimewa karena berupa penghargaan e – rekapitulasi Pemilu 2014, karena kita tidak ada Pilkades,” ujarnya.

Sri Budi Santoso berharap tekhnologi e-voting atau e –rekapitulasi kedepan bisa dimanfaatkan untuk menekan biaya pada PIlkada langsung, Pemilu maupun Pilpres yang selama ini terkesan mahal. “Selain itu jika dengan menggunakan tekhnologi bisa menyingkat waktu penghitungan suara, jika diterapkan di skala yang lebih luas atau nasional,” tandasnya.

Hal Senada disampaikan Faisol Baabullah, Kepala Insinyur dari program ini di BPPT. Menurutnya kerjasama yang dilakukan dengan Pemkot Pekalongan dalam e-rekapitulasi Pemilu 2014 sudah berhasil dengan baik  dengan menggunakan dua metode. “semua hasil perolehan suara dikirim dengan menggunakan data elektronik ke pusat data,” katanya.

Untuk sementara hal itu dilakukan tanpa melihat hasilnya sesuai dengan perhitungan manual atau tidak namun lebih pada kesiapan perangkat yang ada. “Dan Kota Pekalongan bisa berhasil dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu Sri Saraswati, Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi BPPT  mengatakan penghargaan ini diberikan ke Kota Pekalongan karena adanya komitmen dan leadership dari Walikota Pekalongan dan jajaranya dalam menguji dan mensosialisasikan program BPPT. “Karena mengimplementasikan inovasi itu tidak mudah dan jajaran Pemkot pekalongan dengan bersemangat membantu kita berhubungan dengan pendidikan tinggi di Pekalongan  dan itu menunjukkan leadership dari Walikota,” ujar Sri Saraswati.

Pada dialog nasional nasional yang dihadiri oleh sejumlah menteri seperti menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia Puan Maharani dan lain-lainya ini, Walikota Pekalongan Dr HM Basyir Ahmad menjadi salah satu pemapar. Adapun tema yang dipaparkan oleh Walikota Pekalongan adalah mengenai inovasi dan implementasi layanan public di sektor pemerintah kota/kabupaten. (MC/Diskominfo/AN TAkari)

Post a Comment

 
Top