googlesyndication.com

0 Comment
Kota Pekalongan-

Sejak bulan oktober TNI Kodim 0710 Pekalongan terapkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Direncanakan KRPL akan dijadikan sebagai program wajib ditiap Koramil. Pemanfaatan lahan kosong oleh kodim 0710 Pekalongan, Rabo (5/11) sudah terlihat membuahkan hasil. Berbagai macam tumbuhan bibit pohon, tanaman jamu serta tanaman sayur terlihat sudah tumbuh subur di KRPL yang terletak di samping lapangan upacara.
Dandim 0710 Pekalongan melalui Kasdim, Mayor Inf sasono Haryadi mengatakan pengadaan KRPL tersebut sebagai upaya untuk memecahkan berbagai permasalahan ketahanan pangan.
” dasar pemikiran, perencanaan dan pelaksanaan KRPL sebagai gerakan diversifikasi pangan melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan berbasis sumberdaya lokal, dan pelestarian sumberdaya genetik melalui pengembangan kebun bibit desa. Dari pembelajaran kasus pelaksanaan KRPL disimpulkan beberapa faktor kunci untuk menjadikan pengembangan KRPL sebagai solusi pemantapan ketahanan pangan” kata kasdim.
Ia juga menambahkan penyelenggaraan Binter di bidang ketahanan pangan apabila dimanfaatkan dengan baik merupakan peluang sebagai media sosial pendekatan antara Apter dengan Masyarakat kelompok tani.
“Dengan demikian bisa menghasilkan kedekatan Apter dengan Rakyat sehingga akan tercipta kemanunggalan TNI dengan Rakyat.” Bebernya.
Melihat potensi-potensi yang bisa dihasilkan dengan pengadaan KRPL tersebut, Kodim mencanangkan bahwa program tersebut nantinya akan diturunkan hingga ke koramil-koramil yang ada. “dari pembibitan ini nantinya akan kami salurkan ke koramil. Dan ditiap koramil yang terdapat lahan yang dirasa bisa dijadikan KRPL maka kami anjurkan pengadaannya” pungkasnya.

Post a Comment

 
Top