googlesyndication.com


Kota Pekalongan-
Menjawab kebutuhan akan urgennya peningkatan kualitas pelayanan masyarakat di tingkat Kecamatan, Pemkot Pekalongan Pagi tadi melaunching  bentuk Pelayanan Administrasi Ter
padu Kecamatan ( PATEN ) di ruang Amarta, Rabu (24/9/14).

'' Terjadi perubahan sistem pelayanan dari konvensional menjadi sistem PATEN dengan harapan dapat mengoptimalkan peran Pemerintah di tingkat Kecamatan dalam melayani kebutuhan masyarakat dengan mempersingkat jarak dan waktu.'' kata Wakil Walikota dalam
salah satu butir sambutanya.

Selama ini masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di bidang pengurusan perijinan ha rus ke intansi terkait, namun setelah PATEN di laksanakan di masing-masing Kantor Kecamatan masyarakat akan lebih mudah dan cepat tanpa repot karena pelayanaan bisa satu atap, lanjutnya.

'' inti PATEN itu adalah pendelegasian wewenang dari Kebijakan Walikota untuk sedikit demi sedikit agar masyarakat mendapatkan pelayanan lebih baik. Wewenang-wewenang yang diberikan secara bertahap yaitu tentang perijinan,yaitu ijin mendirikan usaha, ijin mendirikan bangunan dengan skala prioritas tertentu 50 m2,selain itu juga akan menginventarisir reklame-reklame yang ada di gang-gang atau di kampung-kampung sehingga berpotensi untuk menambah PAD kota Pekalongan dan prinsipnya tidak membertakan masyarakat.” Tuturnya.

PATEN bagian dari salah satu reformasi birokrasi diatur dalam Permendagri no 4/2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Kecamatan, dalam penyenggelaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses penelolaanya mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen di lakukan dalam satu tempat, satu meja, satu loket dan satu atap.

Asisten II Kota Pekalongan Drs Slamet Priihantono MM yang juga hadir dalam launching PATEN  menambahkan selama ini reklame-reklame di kampung-kampung belum tersentuh oleh perijinan , sehingga nantinya bisa di tata agar menjadi lebih baik lagi dan  rapi tidak mengganggu pengguna jalan. Imbuhnya.

Sementara itu dalam acara yang sama, diberikan penghargaan dan hadiah pemenang lomba K-3 tingkat kota Pekalongan tahun 2014 dalam dua katagori, pemukiman dan perumahan, yang di serah terimakan dari Wakil Walikota kepada para camat yang mewakili wilayahnya.

Untuk katagori pemukiman juara satu direbut Kelurahan Klego RT 02/ RW 06 mendapatkan hadiah uang pembinaan 17.500 ribu.
Sedang juara dua di rebut Kelurahan Kuripan Lor RT 05/ RW 01 mendapatkan hadiah uang pembinaan 15 juta.
Dan juara tiga di rebut oleh Kelurahan Kraton Kidul RT 06 / RW 02 yang mendapatkan hadiah uang pembinaan 12 juta.

Sedang untuk katagori perumahan berturut-turut direbut,
Juara 1, Perum Binagriya, Rt 02 / Rw 07
Juara 2, Buaran Indah, Rt 01 / Rw 06
Juara 3, Perum Kapuas indah, Rt 03 / Rw 08

 
Top