googlesyndication.com

0 Comment

Pasukan Kirab Hadirkan Kekompakan dan Kebhinekaan di Ulang Tahun ke-58 Kabupaten Batang

Pekalongannews, Batang - Semarak kirab budaya yang megah telah digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-58 Kabupaten Batang bukan sekadar pawai, melainkan sebuah perjalanan melintasi waktu, mengirab Tombak Kyai Abirawa yang menjadi saksi bisu berdirinya kabupaten ini.

Pasukan kirab yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat ini membawa 11 pusaka lainnya, termasuk Kyai Payung Tunggul Naga. Mereka berjalan bahu-membahu, menunjukkan kekompakan dan keberagaman yang menjadi ciri khas Kabupaten Batang.

Kemegahan lima kereta kencana yang dihiasi dengan ornamen tradisional menjadi pusat perhatian. Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, bersama suaminya dan forkopimda, turut serta dalam salah satu kereta, menambah kemeriahan acara.

Sawur simbol kesejahteraan kirab budaya diramaikan dengan tradisi uang sawur koin dan beras kuning yang dilakukan oleh Penjabat Bupati Batang. 

“Sawur saya ndak tahu dipersiapkan berapa? Tapi itu sebagai bagian salah satu kelengkapan, kirab yang artinya simbol kesejahteraan khususnya sandang dan pangan,” ujar Ibu Lani Dwi Rejeki, Kamis 25 April 2024  

Masyarakat yang beruntung mendapatkan uang koin dari sawur tidak hanya melihat nilai materinya, tetapi juga memohon barokah dari Allah.

"Ini menunjukkan bahwa kirab ini memiliki dimensi spiritual yang mendalam bagi mereka dalam nguri-uri budaya Jawa," ungkap Lani Dwi Rejeki," jelasnya. 

Lani Dwi Rejeki menyatakan secara umum kirab dari tahun ke tahun memiliki kesamaan, yaitu mengirab tombak Abirawa dan peserta yang menggunakan pakaian berbagai adat Jawa dan nusantara. 

"Kita menggunakan pakaian khas Batang, kirab ini juga menjadi sarana untuk nguri-uri budaya Jawa, mengingatkan masyarakat akan pentingnya melestarikan warisan leluhur." jelas Ibu Lani Dwi Rejeki.

Lani juga menambhakan bahwa  Batang sudah berusia 58 tahun, banyak perjuangan telah dilakukan oleh para pendahulu, yang wajib diteruskan oleh generasi berikutnya.

"Harapannya, kirab ini akan menginspirasi masyarakat untuk terus berkontribusi dalam pembangunan daerah, menuju masa depan yang lebih sejahtera dan maju," tukasnya.  


Post a Comment

 
Top