googlesyndication.com

Ratusan Calhaj Kabupaten Batang Antre di Bank Syariah untuk Pelunasan Biaya Ibadah Haji
Ratusan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Batang memadati Bank Syariah (Dok)
Pekalongannews, Batang - Ratusan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Batang memadati Bank Syariah setempat sejak 10 Januari hingga 12 Februari 2024 untuk melunasi biaya ibadah haji tahap pertama.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batang, Lutfi Hakim, menjelaskan bahwa tahap pertama ini khusus untuk Calhaj reguler yang mendaftar pada tahun 2012, dengan nomor porsi sesuai Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

"Dalam tahap pertama ini, sebanyak 662 Calhaj Kabupaten Batang diwajibkan melunasi sejumlah Rp31,8 juta," ungkap Lutfi Hakim saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin (5/2/2024).

Pelunasan tahap kedua akan dibuka mulai 5 hingga 25 Maret 2024, khusus bagi mereka yang mengalami kendala sistem di tahap pertama dan jamaah dengan penggabungan mahrom, seperti keluarga, yang telah mendaftar selama lima tahun.

Lutfi Hakim menambahkan, "Pendamping lansia yang diprioritaskan telah mendaftar selama lima tahun, dengan kuota 36 jamaah dan rentan usia antara 84 - 94 tahun. Pendamping jamaah haji lansia hanya diperbolehkan bagi anak kandung dan menantu."

Berdasarkan data dari Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, dari 662 Calhaj, 360 di antaranya telah berhasil melunasi biaya ibadah haji.

Salah satu Calhaj, Sudiono (64) warga Blado, mengungkapkan bahwa ia telah melunasi biaya ibadah haji di salah satu Bank Syariah di Kota Batang untuk pemberangkatan Mei 2024 mendatang.

“Biaya pelunasannya sekitar Rp31,8 juta, dengan setoran awal haji sebesar Rp25 juta,” kata Sudiono.

Meski harus mengeluarkan biaya lebih, bagi Sudiono yang terpenting adalah dapat berangkat ke Tanah Suci.

"Buat saya yang penting bisa berangkat ke Tanah Suci. Biaya pelunasannya ya mengumpulkan dulu," ujarnya.

Seluruh persiapan, termasuk proses manasik haji hingga kesiapan fisik, telah dilakukan dengan rutin melakukan olahraga ringan agar kondisi tetap prima.


 
Top