googlesyndication.com

Pendaftaran KPPS Pemilu 2024 Ditutup, Kota Pekalongan Capai Target
Pekalongannews, Kota PekalonganKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kots Pekalongan resmi menutup pintu pendaftaran rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 pada pukul 23.59 WIB, 20 Desember 2023. Dari rentang waktu 11-20 Desember 2023 yang lalu, rekrutmen KPPS Pemilu 2024 di Kota Pekalongan sukses memenuhi kebutuhan petugasnya.

Fajar Randi Yogananda, Ketua KPU Kota Pekalongan, menyatakan bahwa kebutuhan KPPS terpenuhi sepenuhnya berkat partisipasi warga yang mendaftar sebagai KPPS, tanpa melalui sistem penunjukan.

"Alhamdulillah, seluruh kebutuhan KPPS melalui rekrutmen sudah terpenuhi. Sekarang, kita tinggal menanti tahap seleksi berikutnya. Saat ini, kami sedang fokus pada penelitian seleksi administrasi," ucap Fajar usai membuka Kegiatan Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Hotel Khas Pekalongan, Jumat (22/12/2023).

Fajar menjelaskan bahwa hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 28-29 Desember 2023. 

Setelah pengumuman, akan ada tahap masukan dan tanggapan dari masyarakat. Bagi petugas KPPS yang dinyatakan lolos, penetapannya akan dilakukan pada 25 Januari 2024.

Dalam konteks rekrutmen KPPS Pemilu 2024 di Kota Pekalongan, Fajar menyatakan adanya kendala dalam proses pemeriksaan kesehatan calon KPPS di laboratorium. Namun, menurutnya, kerja keras bersama dan kenaikan honor KPPS yang signifikan telah meningkatkan antusiasme masyarakat untuk mendaftar. 

"Ada sedikit kendala di sisi pemeriksaan laboratorium, karena ini merupakan kebijakan pertama dalam Pemilu 2024. Namun, secara mekanisme, kami mengikuti dan tidak ada masalah. Selain itu, semangat dan aktifitas PPS di lapangan serta peningkatan honor yang cukup signifikan membuat masyarakat antusias untuk mendaftar sebagai KPPS," tegasnya.


 
Top