googlesyndication.com

Efektivitas ETLE Drone: 20 Pelanggar Tertangkap dalam 3-5 Menit
Pekalongannews, Kota Pekalongan - Ditlantas Polda Jawa Tengah bekerjasama dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pekalongan Kota melakukan pemantauan ketertiban lalu lintas di simpang exit tol Setono Kota Pekalongan pada Jumat (1/12/2023) menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Drone.

Kompol Indra Hartono, Kasi Gar Subdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, menyampaikan bahwa tim ETLE Polda Jateng dan Satlantas Polres Pekalongan Kota telah melakukan monitoring dan evaluasi sistem tilang elektronik. Dalam uji coba perdana, tercatat 20 pelanggar dalam kurun waktu 3-5 menit, dengan mayoritas kendaraan roda dua dan roda empat. Pelanggaran roda dua terkait penggunaan helm, sementara roda empat tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Menurut Kompol Indra, ETLE drone terbukti sangat efektif dalam merekam pelanggaran lalu lintas kendaraan roda dua dan empat. 

Pengawasan lalu lintas menjadi lebih canggih dengan sistem ETLE Drone yang mampu merekam pengendara yang tidak tertib dari jarak jauh. Bedanya dengan ETLE statis, ETLE Drone dapat berpindah-pindah ke berbagai titik.

"Keberadaan ETLE drone diharapkan dapat mendukung ETLE statis maupun mobile," ungkap Kompol Indra.

Ia juga menekankan bahwa kecanggihan teknologi ETLE drone dapat mengurangi pelanggaran lalu lintas dan mengurangi kecelakaan. 

Dengan penerapan hukuman ini, diharapkan situasi kondusif dapat tercipta menjelang Pemilu 2024 untuk memastikan berlangsungnya proses yang aman, tertib, dan damai di Kota Pekalongan.

Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota, AKP Yuna Ahadiyah, melalui Kanit Penegakan Hukum Satlantas Polres Pekalongan Kota, Ipda Mustaqim, menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan sistem ETLE drone sebagai salah satu metode penegakan pelanggaran lalu lintas oleh pihak kepolisian. 

"Masyarakat diharapkan lebih tertib dalam berlalu lintas karena pengawasan ini semakin maju dengan teknologi canggih seperti ETLE drone yang dapat memfoto pengendara yang tidak tertib dari jarak jauh," ujar Ipda Mustaqim.

 
Top