googlesyndication.com

Terkuak! Modus Penipuan Terbaru lewat Action Button 'View' di WhatsApp
gambar dok. BCA
Pekalongannews - Tren modus penipuan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu modus terbaru yang sempat menghebohkan adalah menggunakan action button 'view' yang dikirim melalui chat WhatsApp. Dalam situasi ini, para pelaku kejahatan mencoba memanfaatkan ketidaktahuan dan ketidakwaspadaan pengguna untuk mencuri data pribadi, termasuk informasi perbankan.

Action Button 'View': Apa yang Harus Diperhatikan
1. Chat WhatsApp dari Pihak yang Tidak Dikenal
Jika Anda menerima pesan dari seseorang yang mengaku sebagai perwakilan bank, tetapi menggunakan nomor pribadi, sebaiknya Anda segera curiga. Bank biasanya memberikan pengumuman resmi melalui nomor dan akun media sosial resmi mereka.

2. Menahan Diri dari Mengklik Button 'View'
Jika pesan tersebut jelas dikirim dari nomor yang tidak dikenal, sangat penting untuk menahan diri dari mengklik button 'view'. Meskipun tawaran mungkin terlihat menggiurkan, langkah ini dapat menghindarkan Anda dari risiko pencurian data.

3. Blokir Nomor Kontak yang Mencurigakan
Secepatnya blokir nomor kontak yang terlibat dalam pesan mencurigakan. Ini akan meminimalkan kemungkinan pelaku terus mengirim pesan penipuan kepada Anda. Ingatlah bahwa pelaku sering kali memiliki banyak nomor cadangan untuk menyebarkan modus penipuannya.

4. Hapus Pesan dari Daftar Percakapan
Setelah memblokir nomor kontak, pastikan untuk menghapus pesan dari daftar percakapan Anda. Langkah ini membantu mencegah kesalahan klik pada pesan dari pelaku yang mungkin terlewatkan.

5. Kelola Password Mobile Banking dengan Bijak
Agar risiko pencurian data semakin minim, penting untuk secara rutin mengelola dan mengubah password mobile banking Anda. Gunakan password yang kuat dan berbeda untuk setiap akun atau aplikasi perbankan. Ini adalah langkah kunci dalam melindungi informasi keuangan Anda.

Modus penipuan action button 'view' di WhatsApp menjadi ancaman serius, terutama terhadap keamanan data perbankan. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan kewaspadaan Anda dan melindungi diri dari ancaman ini. 

Kuncinya adalah tetap waspada, tidak terpancing, dan mengambil tindakan preventif untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda. Ingatlah bahwa keamanan informasi adalah tanggung jawab bersama, dan upaya pencegahan adalah langkah pertama menuju keamanan digital yang lebih baik.
 
Top