googlesyndication.com

0 Comment

Pekalongannews, Semarang -Pekan Olahraga Nasional XVI KORPRI Tahun 2023 telah resmi dibuka pada Kamis, 13 Juli 2023, di Provinsi Jawa Tengah, dengan Semarang sebagai tuan rumah acara ini.

Acara yang akan berlangsung hingga 23 Juli 2023 ini akan menjadi PORNAS terbesar sepanjang sejarah KORPRI. Hingga saat ini, telah tercatat 101 kontingen yang mendaftar, terdiri dari 31 kementerian, 32 lembaga, dan 38 kontingen provinsi.

Sebagai perbandingan, pada PORNAS XIV KORPRI di tahun 2017 yang diadakan di Yogyakarta, terdapat 7 cabang olahraga dan diikuti oleh 73 kontingen, terdiri dari 34 provinsi dan 39 kementerian/lembaga. 

Sedangkan pada PORNAS XV KORPRI di tahun 2019 yang diadakan di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, diikuti oleh 86 kontingen dari 34 provinsi dan kementerian/lembaga dengan mempertandingkan 9 cabang olahraga.

PORNAS XVI KORPRI 2023 akan mempertandingkan 10 cabang olahraga, yaitu balap sepeda, bola voli, bola basket, bulu tangkis, catur, futsal, gateball, senam Korpri, tenis meja, dan tenis lapangan. Terdapat 54 nomor pertandingan yang akan diperebutkan, dengan total 54 medali emas, 54 medali perak, dan 71 medali perunggu.

Selain sebagai kegiatan olahraga dan ajang silaturahmi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai provinsi dan kementerian/lembaga di seluruh Indonesia, acara nasional yang diselenggarakan dua tahun sekali ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Jawa Tengah, terutama di sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

Diperkirakan sekitar 9 ribu ASN akan berdatangan ke Kota Semarang sebagai atlet, official, peninjau, maupun penonton.

Kegiatan PORNAS dimulai dengan Welcome Dinner pada tanggal 13 Juli 2023 di Lawang Sewu dan akan resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada Jumat, 14 Juli 2023, di GOR Jatidiri Semarang. 

Pertandingan akan berlangsung mulai tanggal 15 hingga 21 Juli 2023, dan acara ini akan ditutup pada Jumat, 21 Juli 2023.

Ketua Umum Dewan Pimpinan KORPRI Nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH., dalam rapat DPKN yang membahas persiapan PORNAS pada Sabtu, 1 Juli 2023, mendorong agar seluruh kementerian/lembaga dan provinsi dapat memanfaatkan momentum PORNAS ini untuk menjalin silaturahmi dan persaudaraan antar ASN dan anggota KORPRI. 

"Saya sangat mengapresiasi antusiasme peserta yang tinggi, sehingga PORNAS diikuti oleh 38 provinsi di seluruh Indonesia dan 63 dari 76 kementerian/lembaga yang ada," ujar Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh.

Sementara itu, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat KORPRI (PP BAPOR KORPRI), Prof. Dr. M. Asrorun Ni'am Sholeh, MA, dalam rapat koordinasi dan konsolidasi antara Panitia Pusat dan Panitia Daerah pada Senin, (3/7/2023)
, di Jakarta,.

Kegiatan PORNAS sangat strategis karena selain untuk kepentingan prestasi, juga memiliki tujuan mempererat persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga prinsip kebersamaan, persaudaraan, dan harmoni dalam acara ini," pungkasnya.

Post a Comment

 
Top