0 Comment

Pekalongannews, PEKALONGAN - Kampung RW 03 Kelurahan Kalibaros, Kecamatan Pekalongan Timur, mewakili Kota Pekalongan dalam Lomba Kampung Kawasan Tanpa Rokok (KTR) tingkat Nasional.

Lomba itu diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang masuk dalam Program Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

"Untuk Kota Pekalongan yang ditunjuk adalah Kampung KTR Kelurahan Kalibaros RW 03 yang sebelumnya pernah ikut dan menjadi juara dua pada Lomba PHBS tingkat Kota Pekalongan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, Minggu 13 November 2022.

Ia mengatakan, warga kampung itu telah berkomitmen dan sepakat untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari asap rokok.

Lokasi bebas asap rokok antara lain pada dalam rumah, tempat pertemuan tingkat RT, kelurahan dan di dekat bayi, balita, ibu hamil.

Kampung tersebut memang sudah ditata untuk Kawasan Tanpa Rokok.
Pihak pengurus kampung sudah menyediakan tempat puntung rokok untuk warga yang berkunjung.

Jika akan memasuki kawasan itu bagi perokok harus mematikan puntung rokoknya dan dibuang di tempat yang telah disediakan tersebut.

" Kalau bapak-bapak disana akan merokok harus berada di luar kampung itu dan disediakan tempat merokok (smoking area) tersendiri," tuturnya.

Lurah Kalibaros, Toro menyampaikan para warga di kampung RW 03 Kelurahan Kalibaros bersedia merokok di smoking area yang telah disediakan.

Komitmen ini dilakukan selain untuk menerapkan PHBS juga bisa mencegah penyakit-penyakit yang diakibatkan karena intensitas aktivitas merokok yang tinggi seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), pneumonia, radang paru, maupun Tuberkulosis (TB).

Post a Comment Blogger

 
Top