0 Comment
Video betamax
Sebagai generasi 80-an pasti ingat dengan film kartun Jepang sebut saja Megaloman, Voltus 5, Lionmaru, Ikyusan.

Dulunya sangat populer di kalangan anak dan remaja pada awal 80-an film kartun ini tidak bisa ditonton lewat stasiun televisi saat itu TVRI karena memang tidak masuk dalam program acara yang disiarkan TVRI satu-satunya media untuk bisa menonton Voltus hanya melalui kaset Video.

Video betamax mulai ada dan menjadi tontonan baru masyarakat Indonesia kehadiran alat pemutar video berformat betamax ini menjadi alternatif hiburan yang sangat menarik dibandingkan dengan stasiun satu-satunya TVRI.

Sebenarnya ada format video lain selain betamax yakni format vhs Namun kedua jenis video Pita ini tidak bisa dimainkan dalam player yang sama untuk kawasan asia Termasuk Indonesia format betamax sangat populer karena alat pemutarnya yang lebih murah dibandingkan dengan pemutar VHS juga produknya mudah dicari sedangkan vhs lebih populer di Eropa dan Amerika Serikat karena kualitas gambarnya lebih tajam dan lebih baik dibandingkan Betamax.

video player yang terkenal pada saat itu adalah Sony dan Toshiba khususnya video player Sony betamax C7 perangkat ini seakan menjadi legenda paling populer dan paling banyak dibeli masyarakat.

karena permintaan dan kebutuhan hiburan di rumah yang cukup tinggi di masa itu maka banyak yang menjadikan sebagai peluang bisnis dengan membuka tempat persewaan video rental.

video betamax menjamur di berbagai kota di Indonesia meski kebanyakan tanpa izin resmi harga sewa video rata-rata sebesar Rp1.000 per satu atau dua hari selain itu ada alat penggulung pita kaset atau rewind yang dijual terpisah juga Laris Manis.

profesi baru penjajah video keliling yang menawarkan video untuk disewakan sepanjang hari Mereka sudah terbiasa masuk dari kampung ke kampung demi memenuhi hasrat masyarakat untuk menonton video orang-orang rela ke Kampung Sebelah untuk menonton anak remaja bahkan orang dewasa rela berdesak-desakan dengan antusias menanti video diputar terkadang momen-momen hajatan sangat dinanti Karena ada acara hiburannya yang berupa pemutaran video sepanjang malam sungguh masa-masa Yang Tak Terlupakan judul film seperti Voltus Megaloman sharivan gaban Lionman ikyusan menjadi video yang sering direquest anak dan remaja tidak lupa kaset video yang paling diminati oleh kalangan segala umur.

Betamax mulai menurun ketika stasiun televisi swasta mulai mengudara di akhir 80-an program acara di RCTI yang tidak berbeda jauh dengan sajian yang ada dalam video betamax bahkan lebih variatif faktor lainnya adalah mulai menjamurnya permainan video games Nintendo video jenis ini sangat digemari anak-anak dan remaja salah itu mesin games Nintendo banyak hadir di pusat keramaian.

Post a Comment Blogger

 
Top