googlesyndication.com

0 Comment

Pekalongan News, Batang - Sejumlah petugas gabungan dari Satpol PP, Polres Batang dan Kodim 0736/Batang melakukan pengamanan pada pembersihan lokasi yang akan dijadikan Islamic Center Batang (ICB) dengan menurunkan beberapa alat berat (eskavator).

Kepala Dinas Perhubungan Batang Murdiyono mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut telah disosialisasikan tiga hari sebelumnya, agar warga setempat mengosongkan lokasi tersebut.

“Hari ini warga sudah secara pribadi mengosongkan lokasi tersebut, bahkan ada yang berinisiatif membongkar bangunan sendiri. Kalau ada alat berat di sini hanya untuk meratakan sebagian kecil saja yang belum sempat,” ungkapnya, saat memantau jalannya pembersihan, di Dukuh Petamanan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Kamis (18/3/2021).

Ia menegaskan, yang terpenting dari kegiatan hari ini diupayakan semua bangunan sudah tidak berpenghuni.

Dijelaskannya, jumlah nominal uang kompensasi bangunan sangat bervariasi tergantung luasnya antara Rp2 juta - Rp3 juta.

Kepala Dinas PUPR Batang, Nursito mengatakan, untuk pembangunan ICB saat ini sedang dalam proses lelang dan diperkirakan pertengah April mendatang sudah diketahui pemenangnya.

“Nantinya pembangunan akan dilakukan dalam dua tahap, dan ditentukan mana saja yang bisa didahulukan. Target pembangunan akan dimulai awal bulan Juni, insyaallah kita punya waktu 6 bulan untuk pengerjaan tahap pertama,” katanya.

Ia menerangkan, pada tahap pertama pengerjaan telah dianggarkan sebesar Rp14 miliar. Sedangkan untuk pembangunan di tahap kedua dianggarkan Rp26 miliar.

“Pembangunan Islamic Center Batang ini akan mencakup beberapa obyek bangunan. Kita belum tahu persis mana saja yang akan dibangun, tapi kami akan mengutamakan pembangunan miniatur Ka’bah sebagai media manasik haji,” tegasnya.

Post a Comment

 
Top