googlesyndication.com

0 Comment


Kota Pekalongan - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung III Tahun 2020 Komando Distrik Militer (Kodim) Wilayah 0710 Pekalongan yang menyasar Kelurahan Sokoduwet, Kecamatan Pekalongan Selatan telah usai. Hasil Program TMMD dari Dansatgas TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 ini diserahkan kepada Walikota Pekalongan melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPMPPA) setempat, Rabu (21/10/2020).

Penyerahan hasil program TMMD ditandai dengan penandatanganan naskah berita acara dan pemotongan tumpeng. Hasil Program TMMD Sengkuyung III yang berlangsung sejak 22 September-21 Oktober ini diserahkan oleh Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Inf Raji kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Soesilo SH. Usai penyerahan hasil program dilanjutkan dengan peninjauan lokasi TMMD di Kelurahan Sokoduwet.

Menurut Soesilo kegiatan TMMD adalah kegiatan yang sangat positif. Selain mengeratkan hubungan TNI dengan masyarakat juga mempererat sinergitas dengan Pemerintah Kota Pekalongan, Polri, Kejaksaan Negeri, dan sebagainya. “Alhamdulillah hari ini penutupan TMMD Tahap III di Sokoduwet, ada pembangunan fisik dan nonfisik yang manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat,” tutur Soesilo.

Dikatakan Soesilo bahwa pembangunan jalan hotmik tangan dan talut ini langsung bisa dimanfaatkan warga Sokoduwet. Selain itu pembangunan nonfisik berupa penyuluhan-penyuluhan yakni terkait wawasan kebangsaan, peran masyarakat dalam pembangunan, rumah pangan lestari, kenakalan remaja, bahaya narkoba, dan waspada Covid -19.

Sementara itu, Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Inf Raji mengungkapkan rasa syukurnya dapat menyerahkan 100 persen hasil program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 di Kelurahan Sokoduwet kepada Pemerintah Kota Pekalongan. Menurutnya, TMMD merupakan program kerja terpadu dan berkelanjutan antara TNI pemerintah daerah Polri Kementerian atau lembaga pemerintahan nonkementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan  percepatan pembangunan di daerah-daerah.

Dipaparkan Raji sasaran fisik TMMD kali ini yakni pekerjaan jalan hotmik tangan, 3 cm volume panjang 228 m, lebar 4,87 m; pekerjaan jalan hotmik tangan, 3 cm volume, panjang 67 m, lebar 1,1 s.d. 4 m; dan talut panjang 18.30 m, tinggi 125 s.d. 143.30 cm, lebar 0,30 m. “Untuk sasaran nonfisik seperti yang disampaikan Asisten Pemerintahan. Sumber dana TMMD kali ini yakni ABPD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp204 juta dan ABPD Kota Pekalongan sebesar Rp100 juta,” sebut Raji.

Raji menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2020 ini. Meskipun kegiatan ini saat pandemi akan tetapi tetap dapat terselenggara dengan baik aman dan lancar sesuai dengan harapan.

(Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan)

Post a Comment

 
Top