0 Comment
Bengkel Motor Riyanto Tetap Layani Pelanggan Saat Banjir
Kota Pekalongan - Banjir tidak harus melumpuhkan ekonomi, dalam situasi yang serba sulit karena di kepung air, bengkel motor milik Riyanto (44) masih bertahan dan tetap melayani pelanggan.

"Selama banjir berlangsung dua pekan ini, saya tetap buka kecuali Jum'at karena memang libur," ucap Riyanto, Senin (2/3/2020).

Riyanto mengaku banjir tidak menghalangi dirinya untuk tetap buka dan melayani pelanggan seperti hari biasa, hanya saja banjir memang sangat merepotkan karena dikhawatirkan akan ikut merendam tempat usahanya.

Menurut Riyanto, banjir yang tak kunjung surut mempengaruhi pendapatan sehari-hari. Meski ada pandangan banjir mengakibatkan banyak motor mogok atau mengalami kerusakan, namun justru penghasilanya turun drastis.

"Biasanya pelanggan memilih memperbaiki kerusakan maupun mengganti onderdil motor saat tidak lagi banjir. Kalau masih banjir seperti sekarang, pemotor lebih banyak menghindari genangan air dan kalaupun mogok mereka biasanya minta motor dibuat asal jalan atau yang penting jalan dulu," jelasnya.

Dalam situasi banjir seperti ini dalam satu hari paling hanya mengerjakan satu dua motor karena lokasi bengkel mempengaruhi, yakni berada di kawasan banjir yang cukup parah sehingga tak banyak yang melintas atau takut melintas.

"Kalau kondisi normal, beberapa motor bisa ditangani sekaligus dalam satu hari," ujar mekanik yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun ini.

Bengkel motor Riyanto yang berada di Jalan Patriot, tepatnya di sebelah timur Kantor Kelurahan Dukuh, Kota Pekalongan, selama ini dikenal kerap menangani kerusakan motor dengan berbagai keluhan maupun kerusakan.

Untuk perbaikan motor tua, bengkel motor Riyanto juga banyak menjadi rujukan mulai dari penghobi, klub motor maupun kolektor motor. Bahkan sejumlah makelar pun mempercayakan perbaikan motor yang hendak dijual lagi ke bengkel motor Riyanto.

Soal tarif dan ketersediaan onderdil, Riyanto mengaku masih wajar dan terjangkau. Semua dikembalikan kepada pelanggan untuk memilih.

"Kan ada pilihan diganti atau diperbaiki. Kalau memang budget tidak mencukupi bisa dicarikan onderdil kanibal yang masih bagus dan asli," terang mekanik yang kerap berburu onderdil kanibalan maupun motor tua dalam kondisi dongkrok.

Post a Comment Blogger

 
Top