0 Comment
Pekalongan – Bertempat di Gedung Diklat Kospin Jasa Jl Ki Mangun Sarkoro Kelurahan Setono Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto memberikan materi wawasan kebangsaan kepada peserta Capacity Building  Mubaligh Muda Muhammadiyah kota Pekalongan. Minggu,(25/8/2019).

Kegiatan tersebut  mengusung tema “ Memajukan Bangsa Mencerahkan Semesta” yang dihadiri kurang lebih 50 peserta yang merupakan para kader generasi muda Muhammadiyah Kota Pekalongan.

Pada kesempatan tersebut Dandim menyampaikan, bahwa negara Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, suku, ras, agama dan sumber daya alamnya. Untuk itu dirinya mengajak kepada generasi muda khususnya para generasi muda islam muhammadiyah untuk ikut menjaga keberagaman suku,ras agama tersebut menjadi pemersatu bangsa demi tetap tegaknya bangsa Indonesia.

“ Sebagai generasi muda kita mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga keutuhan negara, untuk itu dengan keberagaman yang ada, marilah kita sebagai  anak bangsa ikut  menjaga dan memelihara bangsa ini agar tetap berdiri kokoh dan semakin maju,”ajak Dandim.

Lanjut Dandim, untuk mempertahankan itu semua, yang paling utama adalah kita harus selalu menjaga kerukunan antar umat beragama, suku, ras, dan budaya kita dengan cara mendidik para generasi penerus untuk memiliki 1 karakter yang kuat, berakhlak mulia dan jiwa pancasila.

“ Jadilah generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Jangan  selalu mencari perbedaan dan kesalahan orang lain, dan jadikan suatu perbedaan tersebut menjadi alat perekat demi tetap tegaknya NKRI,”imbuhnya.

Ditambahkan Dandim, agar selaku generasi muda juga peka terhadap bahaya laten yang mendorong bangsa indonesia, selain isis juga paham radikalisme harus kita tangkal bersama agar tidak berkembang di negara Indonesia.

“ Menjadi kewajiban kita bersama untuk selalu menjaga bangsa Indonesia dari rongrongan bahaya laten komunis, Isis dan penyebaran paham radikalisme, sehingga sekecil apapun yang muncul di tengah-tengah masyarakat harus kita waspadai jika berkaitan dengan penyebaran paham-paham radikalisme tersebut, ”pungkasnya.(rus/red)

Post a Comment Blogger

 
Top