googlesyndication.com

0 Comment
KAJEN - Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si didampingi unsur Muspida dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menerima rombongan Kirab Satu Negeri Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pekalongan di halaman pendopo Bupati Pekalongan, Senin (8/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengucapkan terimakasih dan selamat kepada seluruh rombongan Kirab Satu Negeri karena telah sampai di Kabupaten Pekalongan. Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat utamanya penanaman nilai-nilai nasionalisme. "Semoga dengan Kirab ini dapat memacu kita sebagai penyelenggara pemerintahan untuk lebih giat lagi membangun negeri, tidak hanya membangun fisik tetapi juga rohani,” kata Bupati.

Menurutnya, semangat kebersamaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi perbedaan merupakan modal utama dalam merawat kebinekaan. "Para pejuang telah mencurahkan segalanya untuk memerdekakan bangsa Indonesia. Sudah selayaknya hal itu diteladani, salah satunya lewat semangat kirab merah putih ini," tandasnya

Sementara itu Ketua GP Ansor Kabupaten Pekalongan, M. Azmi Fahmi menuturkan, ada 17 bendera Pataka yang diberangkatkan dari lima titik terluar di Indonesia, yakni dari Sabang, Merauke, Rote, Miangas dan Nunukan. "Kirab merah putih telah dimulai tanggal 16 september kemarin dan direncanakan akan berakhir pada 26 Oktober mendatang,” ujarnya.

Azmi menambahkan, Kirab ini tidak hanya membawa bendera merah putih akan tetapi membawa pesan kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama mempertahankan kemerdekaan, menjaga persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dalam kirab juga diimbau untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif, dan bendera merah putih harus tetap berkibar sampai kapanpun di tanah air," ungkapnya.

Usai diterima oleh Bupati pada pagi hari, pada siang harinya rombongan Kirab Satu Negeri dilepas oleh Kapolres Pekalongan  AKBP Wawan Kurniawan, SH.,S.IK.,M.Si untuk menuju ke Kabupaten Pemalang.

Sebelum melepas, Kapolres Pekalongan menyampaikan bahwa, sebagai generasi penerus bangsa wajib meneruskan perjuangan para pahlawan, yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk kegiatan kirab satu negeri.

Lebih lanjut, AKBP Wawan berharap momen semacam ini dapat menjadi motivasi kepada para generasi muda untuk melakukan kegiatan yang positif dalam mengisi kemerdekaan.

"Kegiatan semacam ini merupakan salah satu wujud cinta tanah air kita terhadap bangsa, dan pesan saya hati hati dijalan serta patuhi rambu dan tidak arogan, kelengkapan keselamatan diutamakan," ujar Kapolres Pekalongan.

Usai dilepas Kapolres yang didampingi Bupati Pekalongan, rombongan kirab menuju Kabupaten Pemalang dengan route Kajen - Bojong - Wiradesa – Siwalan hingga sampai di perbatasan kedua Kabupaten yakni di Masjid Rembun Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Post a Comment

 
Top