Kodim 0710 Pekalongan Gelar Lomba Melukis

August 21, 2018
PEKALONGAN - Ruang serbaguna Kodim 0710 Pekalongan dipenuhi seniman dari wilayah Pekalongan. Mereka berkumpul dalam perlombaan seni lukis tingkat Kodim 0710, Selasa (21/8/2018).

Dalam Perlombaan, para perupa diberikan waktu lima jam untuk menyelesaikan lukisan bertemakan Kemerdekan Republik Indonesia.

Nantinya pemenang dalam perlombaan akan mewakili Kodim 0710 ke tingkat Komandan Resor Militer (Korem) 017. Untuk kemudian akan diseleksi untuk berlomba ke tingkat Komando Daerah Militer (Kodam) IV Diponegoro.

Komandan Kodim 0710, Letkol Inf Muhammad Ridha. Menerangkan, nantinya yang menjadi juara akan dikirim mewakili Kodim 0710/Pekalongan ke tingkat Korem 071/Wijayakusuma di Banyumas.

"Ada tingkatan, jika lolos ke Korem dan Kodam akan mewakili Jateng nantinya akan maju ke tingkat nasional," paparnya.

Selain dijadikan ajang adu kreatifitas bagi para perupa, Letkol Inf Ridha juga menerangkan, perlombaan tersebut juga untuk memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia.

Pihaknya bekerjasama dengan Dekase Kota Pekalongan untuk memilih juara dalam perlombaan tersebut.

"Terkait penilaian, kami bekerjasama dengan Dekase Kota Pekalongan agar nantinya penilaian benar-benar pantas ditampilkan ke tingkat Korem," timpalnya.

Sementara itu, Cecep Surya Permana Ketua Bidang Produksi dan Dokumentasi Dewan Kesenian (Dekase) Kota Pekalongan, yang menjadi juri dalam acara tersebut. Keorisinilan karya menjadi penilaian dalam perlombaan.

"Selain estitika lukisan, originalitas karya juga menjadi penilaian para juri. Dan ada 11 perupa dari Pekalongan yang mengikuti perlombaan," jelasnya.

Dengan adanya perlombaan seni rupa, diharapkan Cecep, bisa menjadi pematik perkembangan geliat seni di Pekalongan.

"Kota Pekalongan disebut Kota Kreatif, dan geliat seni di Kota Batik ini cukup berkembang. Jika dihitung, pelaku seni yang aktif, baik lukis, patung dan tari ada sekitar 100 orang. Dengan adanya perlombaan atau agenda tentang karya seni pastinya akan membuat para pelaku seni tergugah," jelasnya.**red( rusg99)

Share this

kita belum mencapai batas finish ada yang perlu dibenahi agar kiat mendapat ketentraman dalam hidup..

Related Posts