Pelantikan Dan Pembekalan Panwaslu Desa Pada Pilgub Jateng 2018 Kecamatan Gringsing

January 13, 2018
Pekalongan News
Pelantikan dan pembekalan Panwaslu Desa pada Pilgub Jateng 2018 Kecamatan Gringsing bertempat bertempat di Rumah Joglo Cokro Kembang Desa Mentosari Batang
Kabupaten Batang
Pelantikan dan pembekalan Panwaslu Desa pada Pilgub Jateng 2018 Kecamatan Gringsing bertempat bertempat di Rumah Joglo Cokro Kembang Desa Mentosari Batang, Sabtu (13/1).

Kegiatan pelantikan dan pembekalan anggota Panwas Desa dihadiri oleh Ketua Divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga ( PHL ) Panwas Kab Batang, Mabrur, Muspika Kecamatan Gringsing yakni Camat diwakilkan oleh staf pemerintahan Desa Suci Atmoko, Kapolsek Gringsing Polres Batang AKP Sugiyanto, Danramil Kapten Inf. Sugito, Ketua KUA Kec. Gringsing Ali makhruf, Kepala Desa Se Kec. Gringsing, Ketua Panwascam Gringsing Ali Masdar, PPK Kecamatan Gringsing yang diwakili oleh Ali Imadudin.

Ketua Panwas Kec. Gringsing Ali Masdar mengatakan jumlah Panwas Desa se Kecamatan Gringsing adalah 15 orang. Anggota Panwas Desa yang terpilih diharapkan bisa bekerjasama dengan PPK dan bekerja sesuai dengan aturan yang ada, bisa menjaga netralitas sebagai penyelenggara dan tidak bertentangan dengan undang-undang pemilu.
“Mari bekerja sama yang baik dengan Panwas, Panwas tidak perlu kita takuti, Panwas adalah mitra bekerja dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilgub/wagub Jateng 2018 yang akan datang,” ujarnya.
Panwas Kabupaten Batang yang diwakili oleh Ketua Divisi Pencegahan dan hubungan antar lembaga ( PHL) Mabrur mengatakan setelah dilantik untuk segera koordinasi dengan Kepala Desa. Dalam melaksanakan tugas agar selalu koorsinasi dengan pemangku kepentingan, di antaranya dengan Panwascam dan Muspika diwilayahnya masing masing dan tidak saling mencurigai dan yang paling penting kita selalu berbuat netral, baik dari Panwas PPK, Kepala Desa maupun Muspika.
“Laksanakan tugas yang mulia ini dengan penuh tanggung jawab dan Profesional, jangan sampai terpengaruh oleh salah satu Parpol, loyal kepada pimpinan lebih atas. dan berpegang teguh pada "Sapta Budaya Kerja " yang sudah dicanangkan oleh Bawaslu,” katanya.
Menurutnya, dalam Pil Gub/Wagub jateng 2018 yang akan datang kita harus lebih Profesional dalam melaksanakan tugas sehingga bisa tercipta situasai aman dan lancar dan paling tidak seperti Pilbup kemarin.

Sementara Kapolsek Gringsing Polres Batang AKP Sugiyanto mengatakan, kami hanya ingin menyampaikan sesuai dengan tugas pokok Polri yaitu ingin menciptakan situasi Kamtibmas yang mantap dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jateng Tahun 2018 mulai dari pentahapan sampai pelantikan tidak ada dampak yang berimplikasi pada pelanggaran hukum.

“Nantinya dalam pelaksanaan pemilu ada Gakkumdu dan nantinya panwaslu Desa membedakan antara pelanggaran pemilu dan tindak pidana pemilu makanya perlu adanya koordinasi dilapangan dalam pengawasan pilgub/wagub 2018 dan bekerja secara profesional,” kata Kapolsek.
Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada anggota Panwas yang baru saja dilantik laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Netralitas dari setiap anggota Panwas yang sangat saya harapkan agar tidak ada permasalahan sekecil pun
“Koordinasikan dengan Muspika setiap ada permasalahan yang ada di lapangan agar tidak sampai berkembang. kerjasama yang sangat di butuhkan, baik dengan panwas maupun dengan aparat keamanan, Informasi apapun yang menyangkut pelanggaran pemilu untuk di informasikan kepada aparat keamanan,” tandasnya.
Kapolsek menambahkan dalam setiap bekerja harus kita niati dengan Ibadah.

Danramil Gringsing Kapten Inf Sugito mengatakan diharapkan petugas Panwaslu Desa harus religius, jujur netral dan Ikhlas. Panwaslu Desa harus paham pentahapan dalam pemilu dan tertib administrasi.
“TNI netral dalam pilkada apabila ada personel TNI tidak netral laporkan kepada pimpinannya ada tindakan tegas,” tandasnya.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts