Bupati Batang Minta Forkopimda Berkomitmen Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2018

January 05, 2018
Pekalongan News
Bupati Batang Minta Forkopimda Berkomitmen Bersama Sukseskan Pilkada Serentak 2018
Kabupaten Batang
Bupati Batang Wihaji minta semua unsur forkopimda berkomitmen bersama mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 agar kondisi daerah tetap terjaga, aman, dan kondusif.
"Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat sehingga dapat menampilkan jati diri Polri sebagai sosok penolong, sahabat, pelayanan masyarakat, serta penegak hukum yang yang jujur, benar, adil, transparan, dan akuntabel," kata Wihaji saat Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2018 yang berlangsung di Halaman Polres Batang , Gelar pasukan di hadiri Forkopimda, penyelenggara pemilu dan diikuti dari unsur Polri, TNI Satpol PP dan Linmas, Jumat (5/1/18).
Menurutnya, sinergi Polres Batang, Kodim 0736 Batang, lembaga penyelanggara pemilu, partai politik, pemkab, serta masyarakat dibutuhkan dalam menyukseskan Pilkada serentak 2018.
"Mari kita perkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI, dan komponen masyarakat guna mewujudkan sinergi yang proaktif," katanya.
Bupati juga mengatakan adanya komitmen tidak terlibat politik praktis dan menjaga netralitas Polri, TNI, penyelenggara pemilu, dan aparatur sipil negara (ASN) pada pelaksanaan Pilgub Jateng.

Selain itu, perlu adanya pemetaan pada setiap kerawanan dan tahapan Pilkada 2018 untuk melakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen yang didukung bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat.
"Melalui cara itu maka setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pilkada dapat diantisipasi sedini mungkin dan mencegah timbulnya dampak yang lebih luas," katanya.
Ia minta pada semua unsur tetap menjaga kewaspadaan terhadap potensi ancaman teror karena tidak menutup kemungkinan ada yang ingin memanfaatkan pelaksanaan pilkada untuk mengganggu keamanan dan kelancaran pesta demokrasi itu.
"Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya Pilkada serentak 2018 maka perlu ada kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum. Selain itu, mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman teror yang memanfaatkan pelaksanaan pilkada," katanya.
Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga mengatakan semua personel Polres harus mempersiapkan diri baik fisik maupun mental serta sarana dan prasarana dalam mendukung kesiapan pelaksanaan tugas menghadapi pilkada serentak 2018.
“Yang jelas mulai dari sekarang sumber daya manusia personel Polres harus siap dan bersikap netral dalam pilkada,” kata Kapolres.
Ia berpesan, diharapkan masyarakat harus berfikir untuk tidak mau terpengaruh dengan namaya black campaign dan money politik.
“Sehingga nanti rangkaian pelaksanaan pilkada serentak berjalan lancar, tertib serta jujur dan adil. Dengan harapan akan menghasilkan satu nilai yang baik terkait pesta demokrasi di Kabupaten Batang,” jelas Kapolres.
Dandim 0736 Batang Letkol Inf. Fajar Ali Nugraha mengatakan tentunya unsur pengamanan terutama dari Polres Batang yang diback up Kodim harus siap serta unsur unsur pengamanan yang lain menghadapi tahapan pilkada yang tahun ini akan mulai berjalan.
"Sesuai prosedur seluruh personel Kodim tetap menjaga netralitas dalam pilkada dan menjaga situasi kondusif serta mengantisipasi kerawanan yang akan timbul," kata Dandim.
Ia berharap tingkat kerawanan terendah di Pilkada Batang tahun lalu dapat terwujud kembali pada pilkada serentak 2018.

Share this

Koran online pekalongan dan sekitarnya adalah portal lokal wong pekalongan dan daerah sekitarnya yang bertujuan memberikan informasi berita berita lokal yang ada di pekalongan dan sekitarnya

Related Posts